Kompresi Motor Hilang? Lakukan Tips Berikut – Saat melakukan perjalanan menuju ke suatu tempat, tiba-tiba saja motor mau macet ketika gas dikurangi. Pernahkah anda mengalami hal sedemikian rupa? Atau motor suaranya berisik dan jalannya pincang? Artinya motor anda sedang mengalami masalah yang kaitannya dengan kompresi.

 

Berdasarkan pengalaman kami, untuk mengatasi kompresi motor hilang cukup dengan tips berikut:

1.       Tambahkan oli pada ruang bakar

Untuk menambahkan oli pada ruang bakar caranya lepaskan busi terlebih dahulu dari silnder cop. Selanjutnya masukkan oli melalui lubang busi tersebut sebanyak 3 – 5 sendok makan. Hal ini dilakukan karena sistem pelumasan yang kurang baik sehingga ring piston aus, akibatnya kompresi menjadi hilang atau bocor.

2.       Setel klep / katup sesuai standart

Klep in dan klep ex jika penyetelannya terlalu rapat akan menyebabkan tidak sempurnanya pembukaan dan penutupan ruang bakar yang mengakibatkan kompresinya bocor atau hilang. Jika penyetelannya terlalu renggang akan menyebabkan bunyi berisik pada mesin atau pincang. Setelannya harus standart sesuai dengan pabrikan kendaraan anda.

3.       Bersihkan / skir klep

Klep harus dibersihkan atau di skir karena tertumpuknya karbon pada payung klep. Hal ini menyebabkan klep tidak bisa tertutup dengan sempurna yang akibatnya tidak bisa menciptakan kompresi. Padahal syarat terjadinya pembakaran harus ada kompresi.

4.       Ganti ring piston

Salah satu komponen yang dikorbankan dalam mesin ketika gesekan adalah ring piston, fungsi ring piston adalah merapatkan antara piston dan silinder blok (buring) sehingga tidak ada celah sedikitpun dan dibantu pelumasan oli untuk menciptakan kompresi. Ketika ring piston sudah aus, solusi satu-satunya adalah mengganti dengan ring piston yang baru.

Sebenarnya untuk mengetahui kendaraan kita kompresinya hilang atau tidak itu menggunakan alat yang dinamakan compression tester guna mengukur kompresi kendaraan kita. Tapi tanpa menggunakan compression tester pun juga sudah ketahuan saat kita berkendara terjadi masalah seperti yang kami utarakan diatas. Langsung saja bereksperimen melakukan 4 tips mengatasi kompresi motor hilang secara berurutan, semoga berhasil.

Demikian sepenggal pengalaman kami dalam bengkel otomotif, semoga bermanfaat untuk anda 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *