AC Mobil Hidup Mesin Cepat Panas? Yuk Pelajari Penyebabnya – Bagi pemilik kendaraan roda 4, tentunya hal yang menjadi pertanyaan adalah kenapa saat AC mobil dinyalakan kok mesinnya cepat panas ya? Jawabnya sangat mudah, yaitu karena beban mesin bertambah karena sitem pendingin kendaraan dinyalakan.

Sistem pendingin pada kendaraan roda empat pada dasarnya ada 2 jenis, yaitu sistem pendingin mesin dan sistem pendingin kabin. Jika sistem pendingin mesin menggunakan air radiator, sedangkan sistem pendingin kabin menggunakan AC atau freon (refrigerant). Meskipun ada 2 jenis sistem pendingin, keduanya tetap menjadi penyebab utama mesin cepat panas bila ada kerusakan.

Mesin mobil cepat panas atau overheat merupakan salah satu masalah umum yang sering dijumpai dan penyebabnya sangat bervariasi. Namun, dalam artikel ini hanya membahas kenapa saat AC mobil dinyalakan kok mesinnya cepat panas? Berikut kami paparkan beberapa penyebabnya:

1.       Extra fan rusak

Seperti yang kita ketahui bahwa komponen AC yang satu ini berfungsi untuk membuang panas kondensor. Bila extra fan rusak, akibatnya adalah mesin cepat panas ketika AC dihidupkan. Penyebab extra fan rusak adalah karbon brush habis, relay rusak, dan kabel kelistrikannya ada yang putus.

2.       Kisi-kisi radiator kotor

Radiator berfungsi membuang panas yang dihasilkan oleh mesin kendaraan, kisi-kisi pada radiator berfungsi membuang panas mesin dengan angin yang diperoleh dari laju kendaraan saat kita kendarai. Bila kisi-kisi radiator kotor, entah karena debu, lumpur, atapun kotoran lainnya. Maka akan menghabat proses pembuangan panas yang dihasilkan mesin kendaraan.

3.       Kompressor bermasalah

Kompressor AC pada mobil berfungsi sebagai pemeran utama untuk mensirkulasikan refrigerant sistem pendingin kabin. Ibarat manusia, kompresor ini sebagai jantung. Refrigerant nya adalah darah. Sehingga, ketika AC mobil dinyalakan pastinya kerja putaran mesin menjadi lebih. Selain harus menjalankan laju kendaraan, juga harus menjalankan kompresor agar tetap berjalan sesuai fungsinya.

Itulah beberapa kondisi yang menyebabkan mesin cepat panas ketika AC mobil dinyalakan. Silahkan melakukan perawatan berkala agar mesin anda tidak terlalu bekerja lebih sehingga menimbulkan overheat.

Demikianlah sedikit pengalaman yang kami ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih, salam otomotif. 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *