Kenali Tanda Kiprok Motor Rusak – Kiprok (regulator rectifier) yang kita ketahui memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik yang dihasilkan oleh spull. Listtik yang dihasilkan oleh spull adalah listrik AC (alternating current), sedangkan listrik yang dibutuhkan sistem kelistrikan bodi motor adalah listrik DC (direct current). Maka dari itu fungsi kiprok ini sangatlah penting, yaitu mengubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC.

Seiring bertambahnya usia kendaraan, tentunya peforma masing-masing komponen juga ikut menurun. Salah satu komponen yang peformanya menurun adalah kiprok. Lantas apakah bisa kita mengenali tanda kiprok kualitasnya sudah menurun atau bahkan sudah rusak? Ya tentu aja bisa. Yuk kita simak cara mengenali tanda kiprok telah rusak.

1.       Lampu cepat putus

Kenapa lampu cepat putus? Karena arus yang diterima oleh bohlam lampu melebihi kapasitas yang seharusnya. Apalagi kalau motor di geber-geber gitu, tambah cepet banget putusnya. Nah, bila beberapa kali ganti lampu tetap mudah putus bisa diambil kesimpulan bahwa kiprok motor anda kualitasnya menurun atau bahkan telah rusak.

Kiprok yang rusak tidak bisa merubah arus keluaran spull (AC) menjadi arus (DC). Alhasil arus keluaran spull gak ada batasnya masuk ke lampu dan mengakibatkan lampu cepat putus. Solusinya silahkan ganti kiprok guys, biar nggak buang-buang duit percuma untuk berkali-kali beli lampu. Haha.

2.       Aki mudah soak

Seperti yang telah disebutkan diatas atau pada artikel-artikel sebelumnya, bahwa fungsi utama kiprok adalah mengubah arus AC menjadi arus DC. Nah, adapun arus yang dibutuhkan untuk recharger battery adalah arus DC. Sehingga arus yang masuk sesuai dengan kebutuhan kapasitas baterai (aki).

Bila kiprok sudah tidak berfungsi lagi, meskipun ganti aki yang baru pun akan tetap cepat soak, dikarenakan daya masukan recharger battery tidak sebanding daya keluaran penggunaan aki untuk kelistrikan bodi kendaraan. Aki cepat habis, pengisian lambat atau bahkan tidak mengisi sama sekali. Jika dibiarkan terus menerus aki sangat mudah soak guys. Gara-gara kiprok rusak, korbannya harus ganti aki. Kebangeten kali ya. 😊

Udah paham tanda-tanda kiprok rusak kan? Selamat merawat kendaraan anda. Semoga artikel ini bermanfaat, thanks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *