Cara Mengisi (Charger) Aki Mobil Yang Benar – Dalam kedaraan roda empat komponen yang satu ini adalah hal yang paling utama. Beda lagi dengan motor, jika aki bermasalah masih ada penggerak mula berupa kick starter untuk menciptakan pengapian sehingga mesin bisa menyala.

Untuk mobil, bila aki habis atau soak pasti mobil tidak bisa dinyalakan. Kehabisan aki itu bervariasi penyebabnya. Bisa karena lupa mematikan kelistrikan accesoris mobil atau alternator mobil mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa melakukan pengisian otomatis ke aki.

Bagi yang ingin melakukan charger aki sendiri dirumah tanpa membawanya ke bengkel, silahkan ikuti artikel ini sampai tuntas ya. Yuk langsung kita simak bersama cara mengisi (charger) aki mobil yang benar.

1.       Lepaskan aki dari engine mobil, Langkah pertama ini perlu dilakukan karena untuk menghidari terjadinya arus listrik pendek. Arus pendek yang disebabkan waktu pengisian aki berbahaya untuk nyawa kita loh.

2.       Periksalah spesifikasi aki, Kegunaan dari memeriksa spesifikasi aki yaitu agar ketika kita charger tidak overload. Bukan aki penuh justru malah rusak. Misal spesifikasi aki 70 Ah 12 Volt.

3.       Hubungkan kabel charger ke aki, Mulailah memasang kabel charger ke aki warna merah (+) terlebih dahulu, baru yang warna hitam (-). Tujuannya mengindari arus pendek yang terpercik melalui kabel merah (+).

4.       Nyalakan charger aki, Posisikan selector pada “ON” untuk memulai pengisian aki.

5.       Posisikan voltage dan ampere charger sesuai spesifikasi aki, Bila aki mempunyai spesifikasi 70 Ah 12 Volt. Artinya aki tersebut dapat digunakan dengan arus 70 Ampere per Jam dengan Tegangan maksimum 12 Volt. Posisikan tombol voltage dan ampere kecil tapi dalam waktu yang relatif lama. Hal ini guna agar daya yang disimpan baterai lebih lama.

6.       Matikan charger aki, Posisikan selector pada “OFF” untuk mematikan charger. Tanda aki telah penuh adalah ketika daya telah 100% atau ampere menunjukkan angka kurang dari 1.

7.       Lepas kabel charger dari negatif dulu, Tujuanya sama dengan yang diatas yaitu untuk menghindari terjadinya arus pendek. Namun dalam melepas itu kebalikannya, yaitu kabel warna hitam (-) terlebih dahulu.

8.       Pasang kembali pada engine mobil, Hal ini dilakukan agar mobil anda bisa dinyalakan kembali 😊

Demikianlah sedikit berbagi informasi mengenai cara mengisi atau mencharger aki mobil yang benar. Bila anda belum yakin untuk melakukan sendiri dirumah, silahkan bawa ke bengkel terdekat anda untuk kenyamanan dan keamanan pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat, thanks 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *