Layar Sentuh HP Android Sulit Di Geser? Cobalah Tips Berikut – Permasalahan yang sering muncul bagi pemilik android adalah tiba-tiba layar sentuh HP android sulit dioperasikan. Namun, sebelum dibawa ke counter terdekat atau service center alangkah baiknya mencoba tips yang kami berikan berikut.

Penyebab layar sentuh HP android tidak bisa dioperasikan itu bervariasi. Ada yang terinjak, ada yang tertekan ketika didalam saku, ada yang kecebur air, bahkan ada yang jatuh. Semua itu bisa mengakibatkan layar sentuh (touch sreen) HP android anda tidak bisa digeser atau sulit dioperasikan. Yuk langsung simak penjelasannya.

1.       Lakukan kalibrasi

Kalibarasi android merupakan langkah awal yang sering dilakukan banyak counter untuk mengatasi keluhan pelanggan yang layar sentuh HP androidnya sulit digeser. Cara melakukan kalibrasi yaitu:

–          Bukalah menu “Calibrate” pada android anda

–          Selanjutnya android anda akan blank berwarna putih. Hehe, tenang aja memang seharusnya begitu.

–          Selanjutnya akan muncul perintah “klik layar anda untuk mengatur kalibrasi”. Pada langkah ini, silahkan anda menyentuh pada layar sekali saja (terserah bagian mana)

–          Kemudian muncul perintah “klik tepat titik kalibrasi”. Pada langkah ini, silahkan anda menyentuh tepat titik yang ditunjuk untuk melakukan kalibrasi.

–          Selanjutnya ikutilah petunjuk yang tertera sampai proses kalibrasi touch screen anda berhasil.

2.       Lakukan factory reset

Bila dilkakukan kalibrasi masih sulit digeser juga touch screenya, langkah selanjutnya adalah melakukan factory reset untuk menyetel ulang seperti pabrikannya. Caranya:

–          Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat melakukan proses factory reset, pastikan baterai HP android anda berada diatas 75%

–          Silahkan anda mematikan HP android yang ingin diberi perlakuan factory reset

–          Tekan “tombol volume up + home + power” secara bersamaan selama 2 sampai 5 detik

–          Tekan tombol “volume” untuk memilih opsi “factory resert” atau “wipe data

–          Selanjutnya tekan tombol ”home” untuk memulai proses reset. Dan tunggulah sampai prosesnya selesai

–          Terakhir, silahkan pilih opsi “Reboot System Now

3.       Gantilah touch screen

Langkah terakhir bila kedua langkah diatas tidak bisa menemui titik solusi, gantilah touch screen HP android anda. Bawa aja android anda ke Service Center, disana lebih murah bila beli spare part android. Harga di toko online sudah 2x lipat harga service center. Hehe, saya udah pernah coba soalnya. Kalau udah ganti touch screen atau TS, dijamin layar HP android anda kembali normal.

Demikianlah sedikit berbagi pengalaman kami, semoga pengalaman kami bermanfaat untuk anda. Thanks 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *