Mesin Motor Cepat Panas? Berikut Penyebabnya – Panas yang dihasilkan oleh motor atau kendaraan yang kita kendarai itu berasal dari pembakaran. Selain dari pembakaran, juga disebabkan gesekan antar logam yang berlangsung begitu cepat. Motor idle saja 1.200 rpm. Artinya dalam 1 menit, 2 logam ini bergesekan sebanyak 1.200 kali. Anda mungkin nggak bisa membayangkannya. Hehe

Logam bergesekan yang kami sebutkan diatas yaitu gesekan antara piston dan blok silinder. Gesekan kedua benda inilah yang menyebabkan panas pada mesin selain panas yang dihasilkan dari pembakaran yang dirubah menjadi gerak putar poros engkol. Penyebab utamanya ya dari kedua komponen tersebut, sehingga mesin motor cepat panas. Yuk kita simak bersama pembahasannya penyebab motor cepat panas.

1.       Sirkulasi oli pendingin mesin buruk

Oli dalam sistem pelumasan mesin selain berfungsi untuk melumasi komponen piston dan blok silinder sebagai peredam gesekan agar tidak timbul panas berlebih (overheat) juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Cara kerja oli adalah bersirkulasi melalui celah-celah mesin untuk menyerap panas yang dihasilkan mesin. Panas yang diserap oli diteruskan ke mesin yang dingin. Nah, bila sirkulasi oli mesin buruk maka mesin motor akan cepat panas.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh karbon yang menumpuk dalam celah-celah mesin, sehingga oli tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Solusinya, bersihkan dengan engine flush. Caranya? Silahkan anda mengeluarkan semua oli mesin. Kemudian ganti dengan engine flush. Nyalakan motor anda sekitar 20 menit. Selanjutnya keluarkan engine flush tadi semuanya melalui baut oli bawah motor. Kerak karbon akan ikut rontok bersamaan dengan keluarnya engine flush. Masukkan lagi oli mesin yang anda keluarkan tadi. Tarra. . . Oli mesin dapat bersirkulasi dengan baik kembali.

2.       Pendingin radiator mesin kurang berfungsi

Pada motor yang menggunakan cairan pendingin (liquid coolant) berupa radiator, yang menyebabkan mesin motor cepat panas adalah radiator kurang berfungsi. Bisa juga karena kipas pendinginnya yang bermasalah, bisa juga karena air radiatornya yang tersumbat oleh kotoran. Solusinya? Keluarkan semua air radiator, kerak-kerak penyumbatnya akan ikut keluar. Gantilah dengan air radiator yang baru. Sistem pendingin radiator akan berfungsi dengan normal kembali.

3.       Beban mesin berlebih

Beban yang berlebih bukan berarti muatan penumpang saja yang melebihi kapasitas mesin. Bisa jadi beban mesin berlebih ini bila motor digunakan untuk menempuh jarak jauh tanpa berhenti, jalannya menanjak lagi 😊. Solusinya? Istirahatkan sejenak mesin motor anda, jangan sekali-kali didinginkan dengan paksa ya. Kalau motor keadaan sangat panas, kemudian anda siram dengan air untuk mendinginkannya. Bukan solusi yang didapat, justru masalah yang akan datang. Bisa retak blok silinder anda akibat perubahan panas yang mendadak.

Nah, demikian penyebab mesin motor cepat panas yang kami ketahui. Semoga sedikit berbagi pengetahuan kami bermanfaat untuk anda. Selamat merawat motor anda, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *