3 Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca – Pengguna android pasti tau namanya penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal. Nah, penyimpanan eksternal pada android inilah yang biasa kita sebut dengan SD Card atau MicroSD. SD Card ini memiliki peranan penting dalam HP android sebagai penyimpanan cadangan untuk android yang hanya memiliki penyimpanan internal kecil.

Selain sebagai penyimpan cadangan juga sebagai tempat back up data-data penting yang ada dalam android, entah itu foto, video, dan juga dokumen-dokumen penting lainnya. Permasalahan yang sering dialami banyak orang adalah ketika SD Card tidak terbaca, tentunya akan panik bila banyak data penting tersimpan disana.

Bila SD Card kamu tidak terbaca, tidak perlu panik. Karena tidak terbacanya sebuah SD Card itu memiliki kategori tingkat kerusakan, yaitu :

1.       SD Card rusak tidak bisa terbaca

2.       SD Card rusak tidak bisa diformat

3.       SD Card muncul pemberitahuan harus diformat

4.       SD Card rusak total

Biasanya tidak terbacanya sebuah SD Card juga disebabkan oleh virus yang masuk pada android kamu. Nah, dalam artikel kali ini kami akan membahas cara mengatasi SD Card yang tidak terbaca. Yuk langsung simak pembahasannya berikut ini.

1.       Bersihkan SD Card

Sebelum malakukan tindakan apapun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan SD Card kamu terlebih dahulu. Silahkan lepas SD Card dari android kamu, kemudian bersihkan kuningan tembaga yang ada pada SD Card menggunakan kain yang halus. Setelah selesai kamu bersihkan, pasang kembali ke HP android kamu. Ini adalah cara paling ampuh yang sering kami lakukan.

2.       Format Via Android

Bila tetap tidak terbaca, silahkan kamu format melalui android secara langsung. Silahkan kamu buka menu “setting”, pilih opsi “storage”. Scroll ke bawah sampai ketemu tulisan “erase SD Card”, silahkan tab tulisan tersebut. Tunggulah beberapa saat sampai prosesnya selesai. Bila telah selesi format, kondisi SD Card bersih kembali seperti baru beli karena semua virus telah bersih.

3.       Format Via PC / Laptop

Langkah mengatasi SD Card tidak terbaca yang terakhir adalah format SD Card kamu via PC / Laptop. Silahkan kamu backup dulu semua data yang ada pada SD Card, selanjutnya kamu klik kanan pada SD Card kamu. Pilih opsi “Format”, akan muncul notifikasi klik aja “start”. Tunggu beberapa detik sampai proses format selesai. Alhasil SD Card kamu akan terbaca kembali.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *