Baterai Android Drop? Berikut Penyebabnya – Pernahkah kamu memiliki HP android yang baterainya ngedrop? Atau jangan-jangan sekarang kamu sedang memiliki permasalahan yang sama. Baterai HP android drop banyak sekali penyebabnya. Maka dari itu dalam artikel kali ini, kami akan membahas penyebab HP android drop.

Pertama, kesalahan dalam mencharger HP android bukan membuat daya yang disimpan baterai menjadi baik. Melainkan justru merusak baterai HP android kamu. Kok bisa? Hal ini dikarenakan baterai mempunyai kapasitas tersendiri sesuai spesifikasinya. Mencharger HP android dengan ampere kecil tapi membutuhkan waktu yang relatif lama, itu bagus untuk penyimpanan dayanya. Sedangkan mencharger HP android dengan ampere besar cuman dengan waktu singkat, itu kelihatannya cepat penuh, tapi justru menyebabkan HP android kamu cepat rusak.

Gambaran yang saya berikan begini, kalau kamu makan sedikit demi sedikit, sendok per sendok, energi yang kamu dapatkan pun sesuai dengan apa yang kamu makan. Sedangkan bila kamu makan langsung beberapa piring, kamu justru akan loyo dan ngantuk. Karena perut kamu itu juga memiliki kapasitas tersendiri. Sama halnya dengan baterai android, juga memiliki kapasitas tersendiri.

Kedua, baterai belum low sudah di charger lagi. Yang didapatkan bukan menjaga daya baterai tetap 100%, melainkan daya cepat down. Karena baterai HP android itu memiliki umur charger tersendiri. Semisal umur charger baterai android 100 kali charger-an, setelah kamu charger sebanyak 100 kali bateraimu tidak bisa awet seperti waktu baru beli. Sehari charger 10 kali, setiap turun daya 90% di charger lagi. Baterai android kamu dijamin umurnya nggak akan lama.

Ketiga, penggunaan HP android terlalu berlebih sehingga terjadi yang namanya overload. Buat mutar musik, youtube-an, main game secara bersamaan. Apalagi intensitas cahaya diatur 100% biar terlihat jelas gambarnya. Otomatis hal yang seperti itu akan memakan daya baterai dengan “rakus”.

Keempat, kamu memakai charger yang tidak orisinil. Yang dikatakan tidak orisinil pastinya daya yang diterima baterai saat pengisian ya tidak sesuai spesifikasi baterai. Bisa jadi daya yang diterima terlampau besar, atau bahkan sebaliknya daya yang diterima baterai terlalu kecil. Hal tersebut juga merupakan penyebab baterai HP android drop.

Cara mengantisipasi agar baterai android tidak cepat drop gimana?

1.       Pakailah charger yang orisinil, atau minimal menggunakan ampere pengisian yang normal, jangan terlalu besar.

2.       Jangan sering-sering mencharger baterai bila keadaan baterai tidak benar-benar low.

3.       Hindari penggunaan berlebih, kecilkan intensitas cahaya layar HP android kamu.

4.       Gunakan fitur power saving mode yang tersedia di android kamu.

Nah, demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tulis. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *