Cara Mengganti Baterai Tanam HP AndroidUpdate teknologi berjalan begitu cepat. Salah satunya adalah update teknologi android. Kalau dulu baterai bisa dilepas dari HP android, bahkan bila USB chargernya error atau rusak masih bisa diatasi dengan menggunakan charger “kodok”. Namun beda halnya bila baterai android telah menggunakan sistem unibody.

Apa itu uniboby? Itu istilah kerennya. Hehe. Kalau umumnya biasa disebut dengan baterai tanam. Nah, bila kamu salah satu pemilik HP dengan baterai tanam. Sedang mengalami permasalahan dengan baterai, entah itu drop atau tidak bisa men-charger. Kemudian kamu udah terlanjur beli baterai baru atau telah memiliki cadangan baterai, namun belum tau caranya mengganti baterai HP model tanam. Yuk belajar bersama dengan membaca artikel berikut ini yang membahas tentang cara mengganti baterai tanam HP android.

1.       Siapkan peralatan khusus untuk membuka casing backdoor HP kamu. Tujuan menggunakan alat khusus untuk membuka casing backdoor HP agar android kamu tidak tergores atau gagal fungsi.

2.       Sebelum kamu membuka casing backdoor android, silahkan kamu gunakan heater atau hair dryer untuk memanasi celah-celah HP. Hal ini dilakukan karena biasanya kalau HP belum pernah dibongkar masih menggunakan lem perekat. Pemanas ini bertujuan untuk melelehkan lem perekat tersebut agar mudah untuk membuka casing backdoor HP kamu.

3.       Selanjutnya “congketcasing backdoor HP kamu menggunakan alat khusus yang telah kamu sediakan. Congketnya jangan langsung dipaksa, namun sedikit demi sedikit memutar sampai casing terlepas.

4.       Sekarang tinggal kamu lepas baut pengunci baterai tanam tersebut, hati-hati karena disitu ada kabel fleksibel yang rawan putus.

5.       Buka “clip” pengunci kabel fleksibel penghubung baterai, kemudian angkat baterai dengan di “congkel” pelan-pelan menggunakan alat yang telah kamu sediakan tadi.

6.       Nah, waktunya kamu ganti baterai tanam yang baru. Lakukan kebalikan dari step diatas ya.

7.       Setelah baterai terpasang, clip sudah dikunci, dan baut pengunci baterai telah dirapatkan. Langkah selanjutnya memasang kembali casing backdoor HP kamu. Sisa lem perekat yang ada silahkan kamu panasi lagi, kemudian dengan pelan-pelan pasang kembali casing backdoor HP android kamu. Tunggulah beberapa menit, lem perekat akan mengeras kembali dan baterai tanam HP kamu telah tergantikan dengan yang baru.

NB: Cara ini dilakukan bagi yang mempunyai keberanian otak atik HP sendiri, memiliki kemampuan tangan kreatif. Hehe. Bila kamu belum yakin untuk melakukan penggantian baterai tanam HP sendirian, kami anjurkan bawa saja HP kamu ke counter service terdekat.

Demikian sedikit berbagi ilmu yang bisa kami tulis, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *