Cari Oli Yang Cocok Untuk Motor Honda? Berikut Penjelasannya – Di Indonesia untuk saat ini, pasar otomotif nomor 1 adalah motor produk honda. Tentunya oli yang digunakan juga harus oli produk honda. Kok begitu? Tujuan menggunakan oli produk honda adalah agar tidak mudah merusak engine motor anda dan menghilangkan garansinya guys.

Oli berfungsi pada sistem pelumasan engine (lubrikasi), yaitu mengurangi gesekan antar komponen mesin dan juga menstabilkan suhu mesin kendaraan anda sampai ke celah-celah terkecil sekalipun. Namun demikian, tidak semua jenis oli dapat masuk ke celah-celah terkecil. Apalagi motor honda keluaran terbaru, desainnya sangat komplek. Hanya oli berbahan khusus dengan viskositas tertentu yang bisa masuk ke celah-celah terkecil mesin untuk melakukan proses lubrikasi.

Yuk kita simak penjelasan oli yang cocok untuk motor honda. Secara umum oli motor honda yang direkomendasikan adalah oli AHM. Adapun jenis-jenisnya yaitu, Oli MPX 1; Oli MPX 2; Oli SPX 1; Oli SPX 2.

Oli Tipe Motor Bebek

Oli yang paling cocok untuk tipe motor bebek adalah oli MPX 1 dan oli SPX 1.  Oli MPX 1 di desain khusus untuk menjaga peforma mesin dengan lubrikasi yang sempurna pada engine tipe kopling basah. Sedangkan oli SPX 1 merupakan oli yang di desain khusus untuk mengurangi gesekan mesin pada temperature dan tekanan tinggi. Oli ini berbahan dasar fully synthetic yang cocok digunakan pada engine tipe kopling basah.

Oli Tipe Motor Bebek Matic

Rekomendasi oli yang paling cocok untuk motor tipe bebek matic adalah oli MPX 1 dan oli SPX 1. Motor bebek matic merupakan motor dengan engine tipe kopling basah, sehingga rekomendasinya sama dengan oli yang digunakan pada tipe motor bebek biasa.

Oli Tipe Motor Sport

Motor sport identik bekerja lebih, mesin akan cepat panas. Seperti itukah yang ada dibenak anda? Sebenarnya klasifikasi penggunaan oli bukanlah pada cepat panas atau tidaknya mesin motor. Melainkan tipe kopling apa yang digunakan pada motor tersebut. Untuk motor sport, umumnya juga menggunakan tipe kopling basah. Sehingga rekomendasinya sama dengan motor bebek dan bebek matic yaitu oli MPX 1 dan oli SPX 1.

Oli Tipe Motor Matic

Nah, untuk tipe motor matic baru menggunakan oli MPX 2 dan SPX 2. Oli MPX 2 di desain untuk melumasi mesin dengan sistem lubrikasi sempurna agar irit bahan bakar dan tetap bertenaga. Oli MPX 2 cocok digunakan pada engine tipe kopling kering. Sedangkan oli SPX 2 di desain bisa melindungi oksidasi pada mesin dan juga memudahkan untuk di starter. Bahan dasar oli SPX 2 ini adalah fully synthetic yang cocok digunakan pada engine tipe kopling kering. Selain itu, oli SPX 2 ini mampu menembus sampai ke celah-celah terkecil mesin untuk melakukan lubrikasi.

Keuntungan menggunakan oli pabrikan honda

1.       Hemat konsumsi bahan bakar hingga 8%

2.       Dilengkapi teknologi anti oxidant (melindungi oksidasi mesin), visco improver (menstabilkan suhu mesin), cleansing agent (menjaga kebersihan mesin), dan fully synthetic (memiliki molekul seragam)

3.       Mampu menembus ke celah-celah terkecil mesin

4.       Rendah kadar gas CO2 dan ramah lingkungan

Demikianlah sedikit berbagi pengetahuan yang bisa kami tuliskan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Thanks 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *