Tangki Motor Bocor? Berikut 3 Tips Memperbaikinya – Bagi pemilik kendaraan roda 2, khususnya motor tangki diluar. Sering sekali terjadi kebocoran bahan bakar, kebanyakan bocornya berupa rembesan. Namun jika dibiarkan terus menerus juga bisa menguras bensin anda.

Untuk mengatasi hal tersebut yang paling ampuh adalah membawa ke tukang tangki atau ketok magic. Nanti selain ditambal dan di las juga akan di repainting (cat ulang). Namun tentunya membutuhkan biaya berlebih. Sedangkan dalam artikel yang akan kami bahas ini adalah 3 tips memperbaiki tangki motor bocor ala pribadi. Jadi tidak perlu dibawa ke bengkel guys, cukup dilakukan percobaan sendiri dirumah. Yuk langsung simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum melakukan tips yang kami berikan, yang menjadi catatan adalah kebocoran yang kami maksud berupa “rembesan”. Kalau bocornya sudah parah harus dilakukan pengelasan terlebih dahulu.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengeringkan tangki dari bahan bakar. Caranya, kuras habis terlebih dahulu bahan bakar dalam tangki, kemudian masukkan deterjen dan kelereng kedalam tangki. Kocok sampai merata, tujuannya agar bensin tidak menempel lagi pada dinding tangki.

Selanjutnya keluarkan kelereng dan deterjen dari dalam tangki, cuci bersih dan keringkan sampai benar-kering. Setelah benar-benar kering, tiada bensin yang menempel pada tangki. Lakukan perlakuan seperti berikut ini.

1.       Menggunakan lem dan bedak

Tuangkan lem ke bagian tangki yang bocor, taburkan bedak halus pada lem tersebut. Tunggulah sampai kering, kemudian amplas sampai merata dengan tangki. Dijamin rembesan tangki yang bocor bisa diatasi, namun tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Tau sendiri sifat lem bagaimana bila terkena cairan bahan bakar secara terus menerus. Tapi setidaknya bisa mengatasi permasalahan dalam jangka waktu pendek dan hemat biaya.

2.       Menggunakan epoxy dan hardener

Epoxy terbukti memiliki ketahan yang cukup lama bila dibandingkan dengan lem terhadap bensin. Campurkan epoxy dan hardener dengan perbandingan 1 : 1, masukkan kedalam tangki yang telah kering dan kocoklah hingga merata. Kemudian keringkan sampai benar-benar kering. Nah, cara ini juga terbukti ampuh loh. Tapi juga dalam jangka pendek, setidaknya dapat bertahan lebih lama daripada memakai lem dan bedak. Hehe

3.       Menggunakan resin dan hardener

Rekomendasi yang ketiga ini lebih ampuh daripada kedua cara diatas, dikarenakan resin dan hardener memiliki sifat pengeras yang cukup mampu bertahan dengan cairan bahan bakar. Cara menggunakannya sama dengan menggunakan epoxy, campurkan resin dan hardener dengan perbandingan 1 : 1, kemudian masukkan dalam tangki dan kocoklah hingga merata. Selanjutnya keringkan sampai benar-benar kering. Alhasil, rembesan tangki motor yang bocor dapat teratasi.

Demikian sedikit berbagi pengalaman kami, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah berkunjung 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *