Tips Memilih Ban Mobil Bekas Aman dan Nyaman Digunakan – Mobil merupakan sebuah kendaraan yang diidam-idamkan, bukan hanya sebagai media transportasi belaka. Namun juga sebagai bahan unjuk kekayaan. Hehe. Bagi beberapa orang yang kondisi kantongnya lagi menipis, juga ban mobil sedang menipis. Tentunya ban mobil bekas tidak masalah menjadi pilihan.

Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan sedikit rekomendasi tips untuk memilih ban mobil bekas yang layak pakai, aman dan nyaman digunakan. Yuk langsung pada inti pembahasan berikut.

1.       Kenali kode TWI (Tread Wear Indicator)

Fungsi mengenali kode TWI (tread wear indicator) adalah memastikan ban tersebut masih layak pakai atau tidak. Kode TWI tertera pada setiap ban, terdapat pada pinggir dekat tapak ban berlogo segitiga berjumlah 6. Bila kode TWI tidak ada, artinya ban tersebut telah di vulkanisir.

Vulkanisir merupakan suatu tindakan menambahkan karet pada ban bekas dengan cara dipanaskan, sehingga tidak bisa menyatu seperti ban produksi pabrik. Tidak tahan panas, dan sewaktu-waktu bisa copot dan berakibat ban meletus. Oleh karena itu, jangan memilih ban yang seperti ini.

2.       Lihat Kode Produksi Ban

Melihat kode produksi ban merupakan pilihan yang tepat, setelah kode TWI masih ada dan ban bukan vulkanisir. Ban yang standard adalah ban dengan produksi tidak lebih dari 3 tahun dan tidak lebih dari perjalan 60 Km. Bila kode ban mobil bekas melebihi batas tersebut, jangan dipilih ya. Membahayakan saat digunakan, karena rawan meletus juga.

3.       Amati Fisik Ban

Tips terakhir dengan cara mengamati fisik ban. Jika ban yang anda pilih adalah ban tubles, maka lihatlah tambalan yang ada. Bila terlalu banyak tambalan, nggak perlu anda pilih meski kode TWI dan kode produksi ban masih normal. Sedangkan pada tapak ban, pilihlah motif ukiran yang masih merata. Karena, ban yang tidak standard dari fisiknya aja terlihat tidak merata akibat tekanan udara ban terlalu tinggi.

Nah, semoga dengan rekomendasi tips memilih ban mobil bekas yang kami tulis ini bermanfaat untuk anda. Jadi pastikan dulu ketiga hal tersebut ya. Thanks 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *