3 Cara Mengatasi PC / Laptop Tidak Mendeteksi USB Android – Pertanyaan yang masih sering saya dengar adalah kenapa PC / Laptop tidak mau membaca USB android ya? Banyak sekali penyebab USB android tidak terbaca pada PC / laptop. Mulai dari kabel USB yang tidak kompatibel, Driver USB laptop belum terinstall, bahkan lupa men-setting android menjadi mode file transfer (MTP).

Nah, untuk kamu yang bingung kenapa PC / laptop kamu tidak bisa mendeteksi USB android silahkan simak artikel berikut sampai selesai ya. 😊. Yuk, langsung pada poin pembahasan utama.

Penyebab USB android tidak terdeteksi

1.       Kabel USB tidak kompatibel

Yang harus di cek pertama kali adalah kabel USB yang kamu gunakan. Karena saya sering menjumpai kabel yang digunakan adalah kabel USB hanya untuk charger, sehingga USB android tidak terdeteksi pada PC / laptop. Solusinya, silahkan kamu menggunakan USB yang khusus untuk transfer file, bukan untuk charger. Karena ada pabrik yang memang produksi USB android khusus charger.

2.       Driver USB PC / Laptop belum terinstall

Sampai berapa kalipun kamu pasang-copot USB android kamu ke PC / laptop berulang-ulang, bila driver USB PC / laptop kamu belum teristall softwarenya pasti nggak akan bisa mendeteksi USB android. Solusinya, cek dulu di PC / laptop kamu apakah driver USB telah terinstall atau belum.

Langkah pengecekan driver USB yaitu, klik “Start”. Kemudian pada menu “Computer” silahkan klik kanan, kemudian pilih “Properties”. Selanjutnya pilih “Device Manager”. Terakhir lihatlah pada “Universal Serial Bus Controllers” apakah Driver USB androdi sudah terinstall atau belum. Bila belum teristall silahkan download dulu driver USB android sesuai dengan windows kamu. Search pada google dengan menulis “Driver USB For Windows 10”. Contohnya seperti itu, banyak kok website yang menyediakan, maaf kami tidak menyediakannya 😊

3.       Belum pada mode file transfer (MTP)

Yang terakhir ini paling lucu, ketika itu ada cewek mau ngeprint data surat panggilan kerja. Sedangkan datanya ada di HP. Berkali-kali di pasang-copot kabel USB ke laptop, yang terbaca hanya foto aja. Sampai bingung banget tuh cewek, akhirnya saya bantu.

Intinya di HP android cewek itu modenya masih mode PTP, ya pantesan yang tampil hanya photo aja. Lantas saya rubah jadi mode MTP, langsung terbaca deh file-nya yang ingin di print. Hehe. 😊

Demikian sedikit berbagi pengalaman yang bisa kami tuliskan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya, terima kasih telah berkunjung pada situs kami 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *