Amankah Sticker Pada Cat Mobil? Berikut Penjelasannya – Apakah anda termasuk salah satu pengguna sticker pada mobil? Banyak sekali tujuan penggunaan sticker pada mobil. Mulai dari gaya, menutupi bagian bodi tergores, menutupi bagian cacat, perlindungan dari gores, dan banyak lagi tujuannya. Namun, secara umum jika kami tarik benang merah. Tujuan dari pemasangan sticker pada mobil, motor, helm adalah untuk style and protection. Yaitu untuk sekedar gaya dan memang untuk perlindungan cat agar tidak tergores secara langsung.

Amankah menggunakan sticker?

Aman tidaknya penggunaan sticker tergantung dari cat awalnya. Jika cat mobil kendaraan anda termasuk sudah repainting (pernah dilakukan cat ulang), biasanya vernishnya akan ikut terkelupas menempel pada sticker bila kita melepasnya. Beda lagi kalau vernishnya bagus.

Selain itu, sticker yang bagus mampu bertahan selama 3 tahun. Sedangkan sticker yang biasa hanya mampu bertahan selama 6 bulan. Alangkah baiknya setiap 6 bulan sekali anda mengganti sticker mobil dengan tujuan proteksinya dapat terjaga serta style tetap mengikuti perkembangan zaman.

Bagaimana cara melepas sticker mobil?

Banyak sekali cara melepas sticker mobil, mulai dari menggunakan hair dryer, menggunakan mentega, sabun, bahkan bensin juga bisa digunakan sebagai media melepas sticker. Tapi khusus untuk bensin tidak kami sarankan, karena bisa jadi yang terlepas bukan hanya stickernya. Namun bisa jadi yang lepas juga cat pada bodi mobil anda.

Penggunaan hair dryer dengan cara dipanaskan ke sticker yang ingin anda lepas untuk melunakkan lem perekat sticker, kemudian lepas dengan pelan-pelan. Adapun mentega dan sabun cara penggunaannya yaitu dioleskan ke seluruh bagian sticker secara merata, tunggu beberapa menit. Selanjutnya lepaskan sticker dengan pelan-pelan.

Sticker itu ada berapa macam?

Secara umum macam sticker ada 2, yaitu cutting sticker dan printing sticker. Cutting sticker adalah desain sticker sederhana biasanya hanya untuk mensticker spot mobil tertentu atau bahkan hanya untuk menutupi bagian cat mobil yang tergores. Namun hasilnya justru tampak lebih elegan. Sedangkan printing sticker adalah desain sticker yang dicetak sedemikian rupa pada kertas warna putih. Adapun desain bisa gradasi, grafis, dan lain sebagainya sesuai permintaan. Berhubung sticker printing biasanya nggak bisa kilap, maka untuk finishing sticker printing biasanya di vernish agar hasilnya menjadi kilap.

Adapun biaya yang dikeluarkan untuk cutting sticker atau printing sticker biasanya justru mahal cutting sticker. Hehe.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah mengunjungi situs kami, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *