3 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya – Sebuah piranti yang satu ini merupakan kebutuhan dimasa kini, terutama bagi pegawai kantor, developer website, desainer, guru, dan lain sebagainya. Laptop lebih dipilih di berbagai kalangan karena sifatnya seperti PC, namun desainnya lebih kompak dan minimalis sehingga mudah dibawa kemana aja kita pergi.

Kenapa Laptop Cepat Panas?

Berbeda dengan PC, jika PC memang didesain ada saluran udara khusus, sehingga sirkulasi udara dari panas yang dikeluarkan oleh hardware PC lebih optimal. Jika laptop merupakan model mini dari PC yang desainnya lebih kompak, sehingga kekurangan tempat khusus untuk sirkulasi udara penyerapan panas yang dikeluarkan oleh laptop.

Apa Saja Penyebab Laptop Cepat Panas?

1.       Salah Penggunaan

Kategori salah penggunaan yang saya maksudkan adalah dari segi pemakaian yang berlebih dan juga dari alas yang salah. Penggunaan yang berlebih secara bersamaan akan mengakibatkan laptop cepat panas, misalkan mengaktifkan Ms. Office, Pemutar Musik, dan Browser secara bersamaan. Jika spesifikasi laptop kamu sedang-sedang saja, ya pastinya laptop kamu akan cepat panas.

Salah penggunaan dari segi alas yang salah yaitu laptop di alaskan pada benda yang lunak. Padahal benda yang lunak itu justru sulit melepas panas yang dikeluarkan oleh laptop, misalkan laptop dinyalakan dan dialaskan diatas kasur, bantal, guling dan lain sebagainya. Intinya salah penggunaan jadi faktor pertama yang menyebabkan laptop kamu cepat panas.

2.       Kipas dan Heat Zink Kotor

Kipas dan heat zink yang ada didalam laptop berfungsi menyerap panas yang dihasilkan oleh hardware laptop, misalnya panas yang ditimbulkan processor, RAM, Hardisk dan lain sebagainya. Jika kipas dan heat zink kotor tentunya akan mengganggu proses penyerapan panas tersebut.

3.       Thermal Paste Kering

Faktor ketiga yang paling sering saya jumpai yaitu thermal paste kering. Thermal paste berfungsi untuk mengurangi (mereduksi) panas yang dihasilkan oleh processor. Thermal paste ini berbentuk semisal gel, sehingga seiring dengan waktu penggunaan laptop yang terus-menerus juga bisa menyebabkan thermal paste ini mengering. Ketika thermal paste kering, panas yang dikeluarkan oleh processor tidak ada yang mereduksinya sehingga laptop cepat panas.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas?

1.       Penggunaan Yang Baik dan Benar

Solusi merupakan cara kebalikan yang harus dilakukan setelah mengetahui penyebab kerusakan suatu hardware laptop. Mengatasi laptop cepat panas yang pertama adalah penggunaan yang baik dan benar.

Dari segi penggunaan, silahkan kamu mematikan aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan. Sesuaikan penggunaan laptop dengan kapasitas RAM yang tersedia, sehingga laptop bekerja sesuai kapasitasnya. Jika laptop bekerja sesuai kapasitasnya, saya yakin laptop kamu akan bertahan dari panas yang berlebih.

Dari segi alas, alaskan laptop kamu pada benda yang dapat membuang panas dengan cepat. Misalkan meja, buku tebal, papan dada dan lain sebagainya. Intinya benda padat itu lebih mudah membuang panas daripada benda yang lunak.

2.       Bersihkan Kipas dan Heat Zink dari Kotoran

Cara membersihkan kipas dan heat zink yang ada dalam laptop tentunya harus dibongkar terlebih dahulu. Selanjutnya gunakan vacum penyedot debu dengan tekanan rendah, jangan ditiup nanti justru debunya akan masuk lebih dalam lagi. Kalau pengalaman saya, semua komponen saya copot, terus saya bersihkan debu yang menempel pakai sikat gigi 😊. Silahkan kalau mau diikuti cara saya.

3.       Tambahkan Thermal Paste

Thermal paste yang mengering satu-satunya solusi ya harus ditambahkan dengan thermal paste yang baru. Karena sifat thermal paste punya jangka waktu tersendiri, silahkan lakukan penambahan thermal paste laptop kamu secara berkala agar panas yang dihasilkan oleh processor dapat direduksi dengan baik.

Demikian sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga sedikit pengalaman saya dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih telah berkunjung, selamat mencoba 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *