3 Tips Mencharger HP Agar Baterai Awet Tahan Lama

3 Tips Mencharger HP Agar Baterai Awet Tahan Lama

3 Tips Mencharger HP Agar Baterai Awet Tahan Lama – Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Cara Charger HP Cepat Penuh. Untuk artikel kali ini saya akan menuliskan tentang bagaimana tips charger HP android yang benar agar baterai bisa awet saat digunakan.

Boros tidaknya baterai HP sebenarnya tergantung pemakaian kamu. Misalnya kamu mengaktifkan beberapa aplikasi HP secara bersamaan, kontras layar yang terlalu terang, digunakan game sambil charger dan masih banyak contohnya. Hal tersebut menjadikan baterai HP kamu menjadi boros.

Untuk itu, dalam artikel ini akan kami bahas cara charger HP agar baterainya awet. Ini hanya sedikit tips dari saya, siapa tahu sedikit tips yang saya berikan bisa membantu menyelesaikan permasalah kamu. Yuk langsung pada poin inti pembahasan.

Cara Charger HP Agar Baterai Awet

1.       Jangan Sampai Over Charger

Kebiasaan masyarakat yang menjamur adalah mencharger HP android sambil ditinggal tidur. Waktu bangun tidur baru dilepas chargernya. Bayangkan aja tidur jam 10 malam dan bangunnya jam 5 pagi. Berarti mencharger HP sampai 7 jam, padahal normalnya mencharger HP itu hanya 1,5 sampai 2 jam. Over charger inilah yang membuat HP kamu cepat rusak.

Solusinya, yang terbaik mencharger HP android adalah sebelum 100% dicabut. Hal tersebut justru akan membuat baterai HP kamu lebih awet. Dan menchargernya yang tepat adalah waktu baterai tinggal 10 sampai 15%.

2.       Jangan Menggunakan Power Bank Secara Terus Menerus

Power bank dirancang sedemikian rupa untuk mencharger HP dalam keadaan darurat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa power bank itu tepat digunakan saat kehabisan baterai dalam perjalanan yang kemungkinan nggak ada colokan listrik. Berhubung arus yang dikeluarkan oleh power bank tidak sesuai dengan arus yang dibutuhkan HP, maka jika kamu terus menerus mencharger HP dengan power bank akan membuat baterai HP kamu cepat rusak.

Solusinya, silahkan charger HP kamu menggunakan colokan stop kontak. Karena stop kontak menggunakan arus AC (Alternating Current) yang dayanya lebih stabil, meskipun pada akhirnya di konvert menjadi arus DC (Direct Current) untuk masuk ke pengisian daya baterai.

3.       Gunakan Charger Orisinil

Untuk tips yang ketiga ini tentunya harus kamu lakukan jika ingin benar-benar baterai HP kamu awet. Alasannya karena pemasukan daya saat pengisian baterai tepat sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan HP kamu. Sehingga bisa disimpulkan bahwa sesuatu jika sesuai dengan kapasitasnya akan menjadi optimal kinerjanya.

Demikian sedikit berbagi tips yang bisa saya bagikan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tips yang saya berikan bisa membantu memecahkan permasalahan kamu. Terima kasih telah berkunjung, selamat mencoba 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!