Bahaya Mengisi Bensin Setengah Tangki Bahan Bakar – Judulnya aja mengerikan banget ya. Hehe. Yang kami maksudkan berbahaya itu bukan dengan mengisi bensin hanya setengah tangki akan menyebabkan motor anda meledak, itu bukan 😊. Yang kami maksudkan bahaya disini adalah efek yang ditimbulkan pada kendaraan anda jika mengisi bensin hanya setengah tangki bahan bakar.

Seperti yang kita ketahui bahwa bahan bakar suatu kendaraan memiliki zat aditif tertentu yang sifatnya korosif. Selain mengandung zat aditif yang bersifat korosif juga sifat bahan bakar itu mudah menguap. Hal inilah yang dapat menimbulkan resiko jika kita mengisi bensin hanya setengah tangki saja.

Akibat Pengisian BBM Setengah Tangki

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena jika sudah masuk ranah mengobati maka hubungannya pasti membengkaknya biaya yang dikeluarkan. Mencegah itu memang juga mengeluarkan biaya, namun efeknya akan memperpanjang umur kendaraan anda.

Jika anda mengisi bahan bakar (BBM) hanya setengah tangki, tentunya ada ruang tangki yang kosong. Berdasarkan penjelasan yang telah kami paparkan diatas tentang zat aditif yang dikandung bahan bakar serta mudah menguapnya BBM, akan melapisi ruang tangki yang kosong tersebut.

Zat aditif bahan bakar jika terkena udara akan timul reaksi korosif yang menyebabkan bagian tangki tersebut akan mudah berkarat. Jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan tangki bahan bakar anda bocor. selain itu indikasi pertama terjadi masalah pada tangki bahan bakar adalah rotak (Fuel Pump) dan Filter bahan bakar bekerja ekstra sehingga menimbulkan panas.

Solusi yang paling tepat adalah dengan cara mengisi tangki bahan bakar full. Dengan penuhnya tangki bahan bakar akan menutup rongga udara yang ada dalam tangki, sehingga mengurangi terjadinya penguapan BBM. Jika pengupan sudah diminimalisir, maka bertemunya zat aditif dan udara yang ada akan tercegah. Tidak adanya reaksi yang korosif tentunya akan mencegah terjadinya karat.

Cukup mudah bukan? Selain tangki kamu full bahan bakar terus, kamu juga nggak akan khawatir kehabisan bensin saat berkendara jarak jauh. Hehe. Mungkin cukup sekian dulu berbagi informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda, terima kasih telah berkunjung 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *