Benarkah Cara Menambah RAM HP Android dengan Menginstall Aplikasi? – Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna android adalah lambatnya kinerja. Seiring bertambahnya usia suatu android juga berpengaruh terhadap performa kinerja HP. Oleh karena itu muncul banyak pertanyaan bagaimana cara menambah RAM dan memori internal? Akhirnya timbul juga persepsi atau tulisan-tulisan cara menambah RAM dan memori internal lewat install aplikasi, semisal aplikasi CCleaner dan Smary Booster.

Untuk kamu pengguna android dengan RAM 3 GB tentunya tidak masalah dengan kinerja, sedangkan yang punya android dengan RAM 1 GB pasti merasakan HP android semakin lemot saat digunakan. Oleh karena itu, saya akan membahas fakta benar atau tidaknya menambah RAM android dengan menginstall aplikasi? Yuk simak pembahasan berikut.

Fakta Install Aplikasi Penambah RAM Android

Aplikasi yang sering didengung-dengungkan oleh beberapa tulisan tertentu untuk menambah RAM android adalah Smart Booster dan CCleaner. Cara kerja aplikasi tersebut adalah membersihkan cache, file sampah dan file apapun yang tidak digunakan lagi.

Seolah-olah memang aplikasi tersebut menampilkan RAM android kamu bertambah. Nah, penyebab RAM kamu bertambah adalah file sampah dan cache yang ada di android kamu telah terhapus. Faktanya, dengan terhapusnya file sampah itu mengosongkan kapasitas RAM. RAM android itu sudah ada spesifikasinya, ada yang 1 GB, 2 GB, dan 3 GB tergantung merk HP yang kamu miliki. Bukan berarti yang awalnya spesifikasi RAM android kamu 2 GB, setelah diinstall dengan Smart Booster menjadikan RAM kamu 3 GB. Inilah faktanya.

Cara Menambah RAM Android Yang Benar

Untuk menambah RAM dan memori internal cara satu-satunya yang paling ampuh adalah menggati spare part hardware RAM. Pernah bongkar laptop / PC komputer? Jika kita ingin menambah RAM pasti kita menambah spare part atau menggantinya dengan kapsitas RAM yang lebih besar.

Hal ini berlaku sama jika kamu ingin menambah RAM android dan memori internal, yaitu mengganti spare part hardwarenya. Yang diganti adalah IC EMMC. Berikut ini contoh IC EMMC

Nah, sudah mengerti fakta kebenaran cara menambah RAM android kan? Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa saya bagikan, semoga artikel yang saya tuliskan ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih telah berkunjung, selamat beraktivitas 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *