3 Penyebab Kampas Rem Berbunyi “Ciiiit”

3 Penyebab Kampas Rem Berbunyi “Ciiiit”

3 Penyebab Kampas Rem Berbunyi “Ciiiit” – Bagi anda pemilik kendaraan bermotor, pasti pernah mengalami atau mendengar bunyi “ciiit” pada saat menginjak tuas rem. Hal tersebut sering kali terjadi apalagi kalau musim penghujan. Kira-kira kalau mendengar atau mengalami hal tersebut perlakuan apa yang anda berikan? Dibiarkan saja, toh nanti hilang sendiri suaranya bila sudah kering. Atau langsung cuci motor agar kotoran yang menempel dalam kampas rem bersih. Hehe. Itu terserah anda mau beri perlakuan apapun boleh.

Namun, dalam artikel kali ini kami akan mebahas penyebab kampas rem bunyi “ciiit” sesuai dengan pengalaman yang kami kerjakan. Sehingga kami berharap dengan adanya sedikit tulisan ini dapat membantu permasalah yang anda alami. Yuk langsung saja pada inti poin pembahasan berikut.

Baca Juga : Rem Blong? Berikut 3 Penyebab Utamanya

Penyebab Kampas Rem Berbunyi

1.       Kampas Rem Kotor

Sudah kami terangkan diatas bahwa bunyi “ciiiit” sering terjadi terutama pada musim penghujan. Saat kondisi musim hujan, anda identik melewati suatu jalan yang berlumpur atau melewati sebuah genangan air yang membawa debu. Hal tersebut menyebabkan kotoran masuk dan menempel pada kampas rem, terutama model kampas rem cakram.

Solusinya, silahkan anda melepaskan kampas rem tersebut. Gosoklah dengan amplas halus nomor grit #2000 agar kampasnya tidak aus. Selanjutnya bersihkan dengan majun atau kain halus dan pasang kembali.

2.       Kampas Rem Tipis

Dalam sistem pengereman yang dikorbankan adalah kampas. Kampas rem yang tipis atau habis akan menimbulkan bunyi “ciiit”. Hal ini disebabkan plat indikator bergesekan dengan tromol atau piringan cakram.

Solusinya, silahkan anda mengganti kampas kendaraan anda dengan yang baru. Baik itu kampas untuk rem tromol atau kampas untuk rem cakram.

Baca Juga : Mengenali Kondisi Kampas Rem Masih Baik Atau Sudah Rusak

3.       Disc Brake Tipis

Disc brake atau sering kita sebut dengan “piringan” juga bisa mengalami tipis. Hal ini disebabkan oleh faktor usia atau kelamaan mengganti kampas ketika kampas rem sudah aus. Ketika kampas sudah aus, kemudian dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama akhirnya disc brake jadi korban.

Solusinya, silahkan anda menggati disc brake dengan yang baru. Untuk penggantian disc brake silahkan bawa aja ke bengkel terdekat. Karena untuk permasalahan nomer 3 ini agak sulit dilakukan.

Demikian sedikit berbagi pengalaman dan pengetahuan yang bisa kami tulis dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalah anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!