3 Cara Mengatasi Rem Mobil Macet

3 Cara Mengatasi Rem Mobil Macet

3 Cara Mengatasi Rem Mobil Macet – Secara umum rem mobil terbagi menjadi 2, yaitu rem tromol dan rem cakram. Kedua rem tersebut seiring bertambahnya usia pemakaian, maka akan mengalami sebuah masalah. Masalah yang sering timbul pada sistem pengereman adalah “macet”. Macet dalam sistem pengereman bisa multitafsir, bisa jadi rem blong, bisa jadi tuas rem berat saat diinjak, dan bisa jadi kampas rem habis.

Dari berbagai kondisi yang sering dialamai oleh pengemudi, rem merupakan suatu safety yang utama. Oleh sebab itu, kami akan menuliskan cara mengatasi rem mobil macet dengan harapan membantu mengurangi angka kecelakan yang disebabkan oleh kerusakan sistem pengereman.

Baca Juga : Penyebab Rem Cakram Mobil Panas Dan Macet

1.       Ganti Kampas Rem

Rem macet atau blong yang sering terjadi adalah kampas rem telah habis, sehingga ketika anda menginjak tuas rem maka tidak akan terjadi gesekan antara kampas rem dan tromol atau antara kampas rem dan disc brake. Untuk mengatasi hal tersebut satu-satunya adalah mengganti kampas rem.

2.       Tambahkan Minyak Rem

Ketika minyak rem berkurang, langkah pertama yang dilakukan bukanlah langsung menambah minyak rem. Melainkan mengganti kampas rem, karena minyak rem turun disebabkan kampas yang telah aus bahkan habis.

Setelah kampas rem diganti, kok minyak rem masih kurang silahkan anda manambahinya. Dengan catatan gunakan minyak rem yang berkualitas agar tidak terjadi endapan yang bisa menyumbat sistem pengereman bahkan membuat seal dan piston rem berkarat. Berkaratnya komponen sistem pengereman inilah sebagai pemicu utama rem macet.

3.       Bersihkan Sistem Rem Secara Berkala

Sekarang ini lagi marak yang namanya rem cakram. Dengan sistem rem cakram terbuka, maka akan rawan terjadi penumpukan kotoran. Sehingga langkah yang tepat agar tidak terjadi rem macet, lakukan pembersihan sitem pengereman secara berkala. Gunakan disc cleaner untuk membersihkan kotoran yang menempel pada disc brake rem cakram.

Mungkin itu dulu aja artikel yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk selalu menjaga safety dalam berkendara. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!