Penyebab Rem Cakram Mobil Panas Dan Macet

Penyebab Rem Cakram Mobil Panas Dan Macet

Penyebab Rem Cakram Mobil Panas Dan Macet – Kami sering mendengar banyak keluhan kenapa rem cakram mobil panas dan macet? Padahal sudah didukung dengan sistem terbuka yang lebih mudah membuang panas yang disebabkan gesekan antara disc brake dan kampas rem. Sebenarnya mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan tetapi kami akan membahas dengan rinci sesuai pengetahuan dan pengalaman yang kami miliki.

Penyebab Rem Cakram Panas

Jika dilihat dari kacamata teori seputar rem cakram, seharusnya rem cakram itu tidak mudah panas karena di desain dengan sistem terbuka. Terus apa yang menyebabkan rem cakram cepat panas? Mari kita tinjau ulang komponen utama yang berfungsi untuk memperlambat hingga menghentikan laju kendaraan.

Komponen utama tersebut adalah kampas rem, caliper, dan disc brake. Ketika komponen ini bila tidak memenuhi spesifikasi akan mengakibatkan masalah pada sistem rem cakram. Bagian utama yang membuat panas adalah ketika kampas bergesekan dengan disc brake secara terus menerus. Hal ini akan membuat rem cakram cepat panas, biasanya rem cakram cepat panas ketika anda sedang turun bukit atau gunung. Seringnya anda melakukan pengereman akan membuat rem cakram cepat panas.

Penyebab Rem Cakram Macet

Terkadang rem cakram tidak hanya panas, justru bisa macet macet juga. Kemacetan rem cakram yang sering terjadi adalah ketika terjadi endapan fluida minyak rem dalam sistem pengereman atau piston rem berkarat akibat endapan tersebut.

Bila ditinjau ulang, bahwa rem cakram merupakan sistem pengereman dengan kategori rem hidrolik. Artinya, untuk melakukan pengereman pada kendaraan menggunakan fluida sebagai penggerak sistemnya. Jika piston berkarat dan banyak endapan kotoran dalam sistem pengereman tentunya fluida minyak tidak akan bisa bersirkulasi dengan baik pada sistem pengereman kendaraan. Hal inilah yang menyebabkan rem cakram macet.

Bagaimana? Masih bertanya kenapa rem cakram bisa panas dan macet? Semoga jawaban kami bisa membantu menyelesaikan permasalahan anda. Itulah sedikit berbagi informasi dan pengalaman yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah berkunjung. Salam otomotif 😊

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *