3 Tips Aman Berkendara Pada Jalanan Basah – Untuk zaman sekarang ini tidak bisa kita hindari yang namanya transportasi, selain memudahkan dan cepat mencapai suatu tujuan juga lebih aman ketika hujan jika dibandingkan dengan berjalan kaki (khususnya jika naik mobil).

Kondisi jalan basah bisa jadi dikatakan anda berkendara diwaktu hujan lebat atau anda melintasi suatu wilayah yang baru saja turun hujan lebat. Tentunya kondisi jalanan yang anda lalui masih basah. Makanya selain cepat mencapai tujuan, anda juga harus mencanangkan yang namanya safety riding. Oleh sebab itu kami tertarik menuliskan tips aman berkendara pada jalanan basah. Yuk simak bersama penjelasan berikut ini.

Cara Berkendara Yang Aman Pada Jalanan Basah

1.       Gunakan Jarak Aman Pengereman

Jalanan yang basah berbeda dengan jalan kering, traksi ban terhadap jalanan pun juga berkurang jika jalanan basah. Ketika anda melakukan pengereman dengan mendadak sangat rawan terjadi selip pada ban mobil anda.

Baca Juga : 3 Istilah Ban Selip Pada Kendaraan

Ketika ban mobil anda mengalami selip, maka akan rawan terjadi kecelakaan. Entah anda menabrak mobil didepan anda, ataupun anda menabrak pohon karena panik. Oleh sebab itu tips yang pertama ketika jalanan basah adalah jaga jarak aman pengereman.

2.       Gunakan Ban Yang Standar

Ban yang standar telah didesain agar pengendara mobil aman saat mengendarai suatu kendaraan. Untuk melintasi suatu kondisi jalanan yang basah kami menyarankan anda agar menggunakan ban yang standar. Untuk kode TWI (Tread Wear Indicator) pada sisi ban dengan tanda segitiga kendaraan ringan berupa motor dan mobil tidak boleh kurang dari 2 mm, untuk TWI mobil jip tidak boleh kurang dari 4 mm, sedangkan untuk TWI truk tidak boleh kurang dari 8 mm.

Baca Juga : Perbedaan Ban Mobil Tipe Kering dan Tipe Basah

3.       Tekanan Angin Ban Sedikit Dibawah Standar

Ketika melintasi jalanan basah, ban yang digunakan adalah dengan tekanan dibawah standar. Seperti yang kami sebutkan diatas bahwa ketika jalanan basah, ban akan kehilangan traksi terhadap jalanan. Dengan mengurangi tekanan angin ban 2 Psi dari tekanan normal, akan menambah traksi ban terhadap jalanan basah. Bukan berarti tekanan anginnya kempos ya. Misalkan standarnya 35 Psi, maka gunakan tekanan angin ban 32 Psi.

Demikian sedikit tips berkendara aman pada jalanan basah yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahn anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *