3 Tips Yang Harus Dilakukan Saat Mesin Mobil OverheatOverheat merupakan suatu kondisi dimana panas mesin mobil terlampau tinggi dari panas spesifikasi mesin. Biasanya hal ini terjadi ketika anda mengemudikan mobil tanpa henti menembus jarak tanpa batas. Sebagus-bagusnya teknologi, mesin mobil tetap perlu diistirahatkan agar peformanya tetap otimal.

Indikator yang paling mudah dijumpai yaitu ketika tanda jarum pada dashboard mobil anda selalu mencapai tanda “H”. Kendaraan dipacu pada laju tinggi secara terus-menurus, hal ini juga memicu terjadinya overheat pada mesin mobil. Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan membahas sedikit tips yang harus dilakukan ketika mesin mobil mengalami overheat saat perjalanan.

Tips Ketika Mobil Overheat

1.       Matikan Mesin Mobil

Mesin overheat disebabkan nyala tanpa henti, artinya mesin mobil minta untuk diistirahatkan. Oleh sebab itu, bila saat perjalanan jauh kok terjadi kendala mesin overheat segeralah mencari tempat untuk parkir mobil anda. Kemudian matikan mesin mobil anda. Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan yang semakin parah. Tunggu sampai mesin mobil anda benar-benar dingin.

2.       Buka Kap Mesin

Bila overheat mesin mobil anda sampai mengeluarkan asap, maka tunggulah sampai asapnya hilang. Baru bukalah kap mesin mobil anda. Tujuan membuka kap mesin mobil adalah agar udara dingin lingkungan bisa masuk keruangan mesin sehingga mesin yang mengalami overheat bisa dinetralkan.

3.       Cek Kondisi Radiator

Bila kap mesin sudah dibuka dan suhu sudah netral, selanjutnya silahkan anda mengecek kondisi radiator mobil. Overheat sering terjadi karena pemicu utamanya adalah kerusakan pada radiator. Entah kekurangan air radiator, selang bocor, pompa radiator rusak, bahkan radiator kotor. Sehingga sirkulasi air untuk mendinginkan mesin jadi tidak berfungsi. Oleh sebab itu silahkan cek kondisi radiator terlebih dahulu sebelum anda melanjutkan perjalan lagi.

Ketika ketiga tips diatas telah anda lakukan, dan tidak ditemui masalah berarti overheat yang terjadi pada mesin mobil anda cukup ringan yaitu mobil hanya minta diistirahatkan sampai dingin dan siap digunakan untuk melanjutkan perjalanan.

Namun, bila terjadi kerusakaan saat melakukan cek radiator, segeralah melakukan perbaikan pada komponen tersebut. Ketika sistem pendingin rusak atau gagal fungsi maka resiko terjadi overheat lagi sangat tinggi.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *