Cara Mengenali Kerusakan Pada Radiator Mobil – Jika pada artikel sebelumnya kami membahas tentang overheat mobil yang salah satu pemicu utamanya adalah kerusakan pada radiator. Maka pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara mengenali kerusakan pada radiator.  Dengan mengenali ciri-ciri kerusakan radiator, kami berharap anda bisa segera melakukan tindakan lebih lanjut untuk menghindari “sesuatu” yang tidak diinginkan terjadi dikemudian hari.

Radiator merupakan salah satu komponen mobil yang berperan sebagai sistem pendingin mesin. Jika radiator rusak, maka tidak lama kemudian kerusakan pada mesin bisa dipastikan. Untuk itu pentingnya wawasan kita sebagai pengendara atau pemilik mobil mengetahui ciri-ciri radiator rusak. Yuk langsung pada poin pembahasan berikut ini.

Ciri-ciri Radiatoir Rusak

1.       Upper Tank Retak dan Bocor

Untuk mobil dengan sistem pendinginan bertipe alumunium, maka untuk mengenali kerusakan radiator cukup memeriksa upper tank. Upper tank sering terjadi retak dan bocor disebabkan langsung menerima air panas dari mesin sebelum didinginkan. Oleh sebab itu bila upper tank retak dan bocor segeralah menggantinya dengan yang baru. Minimal lakukan perawatan / pemeriksaan berkala pada upper tank setiap menempuh perjalanan 150.000 km.

2.       Terdapat Warna Kecoklatan Dekat Klem Upper Tank

Tanda yang paling mudah dikenali saat radiator rusak yaitu dekat klem upper tank warnanya telah coklat. Maka dari itu segerah melakukan perawatan lanjut agar sistem pendingin mobil anda kembali prima.

3.       Water Pump Tidak Berfungsi

Mengenali water pump tidak berfungsi cukup dengan membuka tutup radiator, kemudian nyalakan mesin beberapa saat sampai suhu kerja mesin. Ketika mencapai suhu kerja mesin, maka air raidator akan bersirkulasi dengan deras di dekat tutup radiator yang telah anda buka. Bila tidak terjadi sirkulasi air dengan deras, maka bisa diambil kesimpulan bahwa water pump tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

4.       Selang Radiator Bocor

Mengenali radiator rusak yang berikutnya adalah ketika selang radiator bocor, biasanya ditandai dengan basahnya lantai dibawah bumper depan mobil anda. Jika terjadi basah seperti itu, silahkan anda mengecek selang radiator. Bila sudah keras dan tidak elastis lagi, segeralah ganti dengan yang baru lagi. Hal ini wajar dikarenakan selang ini selalu mensirkulasikan air panas-dingin untuk medinginkan mesin.

5.       Air Radiator Habis

Cara mengenali radiator rusak yang terakhir adalah air radiator habis. Cara ini kami taruh terakhir dikarenakan bila semua komponen diatas tidak terjadi kerusakan, maka tentunya air radiator tidak akan habis.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit berbagi ilmu yang kami tuliskan ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *