Lampu Mobil Berembun? Lakukan Perbaikan Sederhana Berikut – Lampu mobil merupakan suatu komponen kendaraan yang berfungsi sebagai penerangan jalan, terutama disaat malam hari yang begitu gelap. Bagi pengendara tanpa adanya lampu mobil pasti akan khawatir bila terjadi “sesuatu” yang tidak diinginkan. Maka dari itu lampu mobil sangat penting untuk dirawat agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Kerusakan pada lampu mobil bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalkan lampu mobil gosong, pecah, mati, dan berembun. Pada artikel kali ini kami akan menuliskan sedikit ilmu cara memperbaiki lampu mobil berembun dengan sederhana. Tidak memerlukan alat yang harganya mahal ataupun biaya mahal untuk perbaikan ke bengkel resmi. Yuk langsung simak pembahasan berikut.

Penyebab Lampu Mobil Berembun

Lampu mobil berembun disebabkan karena adanya perbedaan suhu lingkungan dengan suhu udara yang ada dilampu mobil. Perbedaan suhu inilah yang menyebabkan lampu mobil berembun. Perbedaan suhu terjadi terutama karena adanya celah pada seal mika dalam kaca lampu mobil, sehingga udara masuk melalui celah tersebut dan terjebak didalamnya. Ketika udara dingin terutama pada pagi hari, tiba-tiba lampu mobil berembun berarti ada celah pada seal mika dalam kaca lampu mobil.

Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

Cukup sederhana apabila anda mengalami masalah demikian. Kita lakukan hal sederhana terlebih dahulu, yaitu menyalakan lampu mobil beberapa saat. Tujuannya menyetarakan atara suhu didalam kaca mobil dengan suhu lingkungan yang dingin. Suhu lingkungan lebih dingin menyebabkan lampu mobil mengembun, maka dari itu agar embun hilang dari kaca lampu mobil dengan cara memanasinya melalui panas yang dipancarkan oleh lampu mobil.

Sebenarnya cara itu sudah cukup bila dilakukan, namun ketika keesokan harinya anda tetap menemui hal tersebut. Berarti anda harus melakukan penggantian seal mika pada kaca lampu mobil. Silahkan anda menyiakan obeng (+) dan obeng (-) serta sealent, lepaskan kaca mobil dan selanjutnya lapiskan sealent yang telah anda siapkan pada seal mika mobil.

Setelah semuanya selesai, keringkan dulu beberapa jam dibawah terik matahari untuk memastikan kandungan air yang terjebak dalam lampu kepala benar-benar kering. Terakhir pasang kembali seperti semula. Dijamin besok lampuk mobil anda nggak akan ngembun lagi, karena tidak ada udara lembab terjebak dalam kaca lampu mobil anda. Modal Cuma kurang dari Rp. 10.000 sudah normal kembali. Sederhana bukan?

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat dan bisa membantu menyelesaikan permasalahan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *