3 Ciri Kipas Radiator Mobil Mulai Melemah

3 Ciri Kipas Radiator Mobil Mulai Melemah

3 Ciri Kipas Radiator Mobil Mulai Melemah – Pernahkah anda merasakan hal yang sama dengan kami, tiba-tiba saja AC mobil terasa tidak dingin padahal selector kipas AC sudah diarahkan pada yang paling dingin? Jika anda mengalami hal demikian, bisa jadi kipas radiator mobil anda mulai melemah. Oleh karena itu silahkan anda memahami artikel berikut tentang ciri kipas radiator mobil yang melemah.

Kipas radiator mobil merupakan suatu komponen dari kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mendinginkan panas mesin. Selain fungsi tersebut, kipas radiator bisa juga berfungsi untuk mendinginkan kondensor AC mobil. Jika kendaraan konvensional, biasanya kipas radiator terhubung langsung dengan pulley mesin dan fan belt. Sedangkan untuk mobil keluaran terbaru, sebagai pemutar kipas radiator langsung menggunakan motor listrik. Sehingga daya mesin bisa tersalurkan secara optimal tanpa terganggu oleh kipas radiator.

Ciri Kipas Radiator Melemah

1.       Putaran Kipas Melemah Dari Biasanya Dan Berbunyi

Dengan desain sedemikian rupa menggunakan motor listrik sebagai penggerak kipas radiator, maka untuk membedakan kipas telah melemah atau belum memang agak sulit. Caranya cukup mudah bagi anda yang suka merokok, yaitu semburkan asap rokok kedepan kipas radiator. Bila asap rokok berhembus atau ter-sedot dengan lama, maka bisa dipastikan kipas radiator mobil anda mulai melemah.

Selain dengan cara tersebut, anda bisa mengetahuinya melalui suara yang ditimbulkan oleh kipas radiator. Normalnya kipas radiator tidak akan berbunyi dengan keras, karena mulai melemah maka akan menimbulkan suara yang lebih keras daripada saat kondisi normal.

2.       AC Mobil Tidak Dingin

Meskipun anda mengarahkan selector kipas AC mobil sampai mode paling dingin, jika kipas radiator melemah tentunya AC mobil tidak akan dingin. Hal ini disebabkan freon yang ada pada kondensor tidak bisa didinginkan dengan cepat, sehingga sirkulasi AC juga terganggu yang ujung-ujungnya AC mobil tidak dingin lagi.

3.       Mesin Cepat Panas (Overheat)

Overheat mesin merupakan suatu kondisi dimana mesin mencapai suhu paling tinggi melebihi batas spesifikasinya. Hal ini disebabkan karena sistem pendingin mesin tidak berfungsi normal, yaitu kipas radiator mulai melemah. Yang seharusnya kipas radiator bisa mendinginkan air panas dari mesin, justru panas air dari mesin tidak bisa dibuang dengan cepat akibat kipas radiator mulai melemah.

Demikian sedikit berbagi wawasan yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa sedikit menambah wawasan dan pengetahuan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!