Cara Membaca Kode Kelistrikan Lampu Kota Pada Mobil – Lampu merupakan sebuah komponen pada sistem penerangan dalam suatu kendaraan bermotor. Jenis-jenis sistem penerangan sendiri ada banyak, misalnya lampu kota, lampu rem, lampu sein, lampu hazard, dan lain sebagainya. Adapun dalam artikel kali ini kami akan membahas lebih spesifik khusus untuk lampu kota.

Bagi anda yang masih bingung mempelajari arti kode lampu kota atau sedang memahami jalur kelistrikan yang dilalui lampu kota, silahkan menyimak artikel berikut ini dengan cermat. Yuk lanjut pada poin pembahasan artikel berikut ini.

Jenis Lampu Kota

Lampu kota yang kita ketahui memiliki 2 jenis, yaitu clearance light dan tail right. Untuk jenis clearance light merupakan lampu kota bagian depan yang berfungsi untuk menerangi jalan pada saat senja atau berkabut. Sedangkan jenis tail light merupakan lampu kota bagian belakang yang berfungsi untuk memberi isyarat lebar mobil dari arah belakang. Terutama memberi isyarat pada kendaraan dibelakang kita saat ingin mendahului.

Saklar Lampu Kota

Untuk saklar lampu pada mobil berbeda dengan saklar lampu pada motor, maka dari itu bagi yang belum mengerti cara menyalakan lampu kota yaitu dengan cara memutar headlight switch ke kanan sekali saja. Jika anda memutar ke kanan 2 kali, maka lampu kota akan menyala bersamaan dengan lampu kepala (headlight)

Arti Kode Kelistrikan Lampu Kota

Pelajarilah gambar berikut dengan cermat.

Dari gambar diatas terlihat bahwa ketika anda memutar headlight switch sekali saja, maka arus akan mengalir dari bateri (+) dengan kode “30” ke fuse, selanjutnya diteruskan ke relay kode “30” dan kode “87” langsung dihubungkan ke beban (lampu kota) dengan kode “58”. Untuk switch lampu kota kode “58” dihubungkan ke relay kode “86”, sedangkan relay kode “85” silahkan dihubungkan ke massa dengan kode “31”.

Berbeda halnya bila anda memutar headlight switch sebanyak 2 kali. Maka yang terjadi adalah lampu kota bagian depan akan menyala bersamaan dengan lampu kepala. Sedikit informasi aja, bahwa lampu kota bagian belakang bertempat menyatu dengan lampu rem. Dalam lampu tersebut ada 2 filamen, yang satu filamen miliknya lampu kota dan yang satu filamen miliknya lampu rem. Ketika rem diinjak, filamen lampu rem akan menyala lebih terang dibandingkan lampu kota.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan. Semoga sedikit pengetahuan yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *