3 Manfaat Menggunakan Kaca Film Pada Mobil – Penggunaan kaca film pada mobil untuk saat ini bukanlah aksesoris belaka, namun anda wajib tahu manfaat apa yang kita peroleh ketika menggunakan kaca film. Lebih Keren? Mengurangi resiko kecelakaan? Atau apalah tergantung dari jawaban anda sendiri. Dalam artikel kali ini kami akan membahas manfaat menggunakan kaca film pada mobil. Yuk langsung simak penjelasan berikut.

1.       Mengurangi Intensitas Cahaya Masuk Kabin

Intensitas cahaya yang masuk dalam kabin jika melebihi ambang batas tertentu akan mengganggu kulit anda. Untuk kaca film bagian depan mobil kami sarankan menggunakan tingkat kegelapan (darkness) tidak lebih dari 40%. Hal ini ditujukan agar tidak menurunkan kemampuan mata anda melihat lingkungan sekitar saat mengemudi.

Cahaya matahari yang masuk dalam kabin mengandung sinar ultraviolet dengan persentase tertentu, maka dari itu ada istilah UVR (Ultra Violet Rejected) dimana kaca film mobil mampu menolak sinar ultraviolet yang masuk. Semakin tinggi angka UVR maka semakin bagus pula kualitas kaca film tersebut.

Berhubungan dengan sinar matahari, maka ada bebapa istilah yang harus anda ketahui terkait manfaat menggunakan kaca film mobil. TSER (Total Solar Energy Rejected), yaitu jumlah persentase energi matahari yang mampu ditolak oleh kaca film mobil. IRR (Infra-Red Rejected), yaitu besaran sinar inframerah yang dipancarkan sinar matahari yang mampu ditolak oleh kaca film mobil. Dan terakhir VLT (Visible Light Transmittance), yaitu persentase jumlah cahaya yang masuk ke kabin mobil diukur dengan angka VLT, semakin kecil angka yang ditunjuk semakin sedikit pula cahaya yang masuk kedalam kabin mobil.

2.       Pengaman Saat Kaca Pecah

Normalnya jika suatu kaca pecah akan tercecer kemana-mana. Dengan lapisan kaca film, ketika mobil anda kejatuhan sesatu atau terjadi tabrakan. Maka pecahan kaca mobil tidak akan tercecer, melainkan masih tertahan oleh lapisan film.

3.       Mengurangi Konsumsi BBM

Keterkaitan antara kaca film mobil dengan konsumsi bahan bakar hampir tidak nyambung sama sekali. Namun perlu anda ketahui bahwa dengan memasang kaca film pada mobil bisa mengurangi intensitas cahaya yang masuk dalam kabin seperti yang telah kami jelaskan diatas. Dengan berkurangnya intensitas cahaya yang masuk akan membuat udara dalam kabin semakin dingin. Dengan dinginnya udara dalam kabin, kita tidak perlu menyalakan AC pada mode Extra. Sehingga kinerja mesin akan lebih optimal dan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Demikian sedikit berbagi informasi dan pengetahuan yang bisa kami tuliskan. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *