3 Tips Perawatan Hand Rem Pada Mobil – Pernahkah anda kelupaan menurunkan hand rem ketika mobil sudah dijalankan? Rasanya seperti ada yang menarik dari belakang dan terasa berat. Kalau bahasa jawanya seperti ada yang “nggandoli”. Hal tersebut kalo dibiarkan lama-lama juga dapat mengakibatkan gagal fungsi pada hand rem.

Sebenarnya istilah hand rem itu kurang tepat, tapi sudah terlanjur umum didengar pada masyarakat indonesia. Yang benar itu hand brake atau rem tangan, lah masyarakat sudah biasa nyebut hand rem. Mungkin biar agak ke inggris-inggris an kali ya. Xixi. Yuk langsung saja pada inti pembahasan berikut ini.

Baca Juga : 3 Penyebab Kampas Rem Berbunyi “Ciiiit”

Perawatan Hand Rem

1.       Penggunaan Yang Tepat

Yang kami maksud penggunaan yang tepat adalah sesuaikan penggunaan hand rem dengan fungsinya meski berbeda tipe. Ada hand rem yang bertipe stick terletak diantara 2 kursi depan. Ada juga yang bertipe pedal terletak didekat kaki dengan tujuan agar tangan lebih leluasa mengendalikan kemudi saja.

Fungsinya hand rem adalah sebagai rem darurat, rem parkir, dan pengaman saat rem utama blong. Oleh karena itu, meski hand rem mobil anda sudah bertipe pedal, gunakan hand rem sebagaimana mestinya. Jangan keliru menginjak hand rem saat menghentikan laju kendaraan dengan kecepatan tinggi. Berbeda tipe, fungsinya tetap sama. Dengan penggunaan hand rem yang tepat, akan membantu memperpanjang umur mobil anda.

2.       Pembersihan Berkala

Dengan desain mobil yang telah berkembang saat ini, hand rem banyak menggunakan model cakram. Cakram sangat rawan sekali dengan tertumpuknya kotoran debu dan kerak. Oleh sebab itu, lakukan permbersihan hand rem secara berkala setiap menempuh jarak 1.000 s.d. 2.000 Km.

3.       Membatasi Parkir

Ketika mobil anda jarang dikeluarkan atau jarang digunakan, jangan menggunakan hand rem untuk parkir. Tapi ganjal-lah menggunakan kayu atau sejenisnya. Batasan parkir mobil menggunakan hand rem yang ideal hanya 1 hari. Selanjutnya silahkan menggunakan pengganjal lainnya. Jika berhari-hari anda parkir mobil menggunakan hand rem, yang kalah adalah disc brake. Terutama jika mobil anda sebelumnya digunakan melintasi daerah genangan air (cepat timbul korosi).

Demikian sedikit berbagi tips yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tulisan kami bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *