Mau Memasang Peredam Mobil? Pertimbangkan 3 Hal Berikut – Peredam mobil menjadikan pilihan utama bagi pemilik kendaraan mewah ini, dengan memasang peredam mobil bisa menjaga telinga kita dari suara kebisingan diluar mobil saat berkendara. Selain itu jika anda termasuk orang yang suka mendengarkan musik didalam mobil, maka dengan peredam mobil ini suara audio akan menjadi lebih jelas.

Meski demikian, anda harus mempertimbangkan hal berikut ini sebelum memasang peredam untuk mobil anda. Yuk langsung simak poin pembahasannya.

3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memasang Peredam Mobil

1.       Bahan Peredam Mobil

Secara umum, bahan peredam mobil dibedakan menjadi 2 jenis yaitu jenis aspal dan jenis gel. Untuk jenis aspal memiliki kekurangan bobot bahan yang lebih berat daripada bahan gel, namun kelebihannya harganya murah.

Biasanya peredam mobil dijual dalam bentuk lemabaran sehingga sangat mudah dipasang dan menempel pada dinding kabin atau lantai kabin yang cenderung tidak bergerak dari posisinya.

1 lembar peredam bahan aspal memiliki berat 2,4 Kg, sedangkan 1 lembar peredam bahan gel memiliki berat 1,4 Kg. Padahal, untuk medapatkan peredaman yang baik membutuhkan sampai 3 lembar untuk satu bidang saja. Bisa dibayangkan kan jika mobil anda menggunakan peredam full body, maka mobil akan menerima beban tambahan sebesar pemasangan peredam  suara yang anda pasang.

2.       Lokasi Pemasangan Peredam

Lokasi pemasangan peredam yang tepat adalah lantai mobil, yaitu untuk mengurangi suara yang ditimbulkan dari bawah mobil seperti suara perputaran ban. Firewall, yaitu untuk mengurangi suara yang ditimbulkan dari mesin mobil. Plafon, yaitu untuk mengurangi suara yang ditimbulkan dari atas mobil seperti suara hujan. Bagasi, yaitu untuk mengurangi suara yang ditimbulkan dari bagasi mobil seperti gesekan antar barang yang kita taruh dalam bagasi. Pemasangan peredam tidak dianjurkan 100% meredam suara, maksimal hanya 75 – 80%. Minimal telinga kita masih bisa mendengarkan suara klakson.

3.       Efek Terhadap Konsumsi BBM

Ketika memasang peredam mobil dengan berat sekian, artinya mobil anda akan menahan beban sebanyak itu pula. Imbasnya adalah penggunaan bahan bakar yang semakin boros, daya mobil berkurang, dan kapasitas angkut berkurang.

Demikian berbagi pengetahuan yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *