Mobil Sulit Di Starter Waktu Pagi Hari? Berikut 5 Penyebabnya

Mobil Sulit Di Starter Waktu Pagi Hari? Berikut 5 Penyebabnya

Mobil Sulit Di Starter Waktu Pagi Hari? Berikut 5 Penyebabnya – Kejadian yang sering kami jumpai adalah mobil sulit distarter ketika pagi hari. Entah itu mobil karburator maupun yang telah menggunakan injeksi. Intinya pada mobil tersebut sedang mengalami permasalahan. Starter anda masih baru? Kok tetap sulit distarter kenapa ya? Bukan berarti ketika starter baru, bisa menyelesaikan permasalahan mobil sulit di starter di pagi hari.

Berawal dari banyaknya keluhan seperti diatas, maka kami tertarik membagikan sedikit pengetahuan seputar otomotif berdasarkan pengalaman dan pengamatan yang telah dilakukan untuk menganalisa penyebab mobil sulit distarter ketika pagi hari. Yuk langsung simak artikel berikut terkait penyebab mobil sulit distarter dipagi hari.

Penyebab Mobil Sulit Di Starter Pada Pagi Hari

1.       Aki Lemah

Aki berfungsi sebagai sumber listrik yang utama untuk menggerakkan motor starter. Bila aki lemah tentunya sangat berpengaruh mobil sulit distarter dipagi hari. Aki lemah disebabkan waktu penggunaan terlalu lama, atau bahkan sistem pengisian mobil tidak berfungsi. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan ketika mobil sulit distarter saat pagi hari adalah mengecek tegangan aki. Standarnya bisa digunakan untuk menstarter mobil adalah dengan tegangan minimal 12 Volt.

2.       Packing Silinder Head Bocor

Agar mobil bisa hidup, syaratnya harus terjadi pengapian atau pemabakaran dalam mesin bakar. Pembakaran terjadi bila semua sistem tertutup dengan rapat. Ketika packing silinder head bocor, maka untuk melakukan langkah kompresi akan terasa ringan. Sehingga sulit terjadi pembakaran. Sulitnya terjadi pembakaran inilah yang menyebabkan mobil sulit distarter waktu pagi hari.

Baca Juga : 3 Akibat Yang Timbul Bila Pakcing Head Cylinder Bocor

3.       Penyetelan Katup Salah

Celah katup  standar mobil klep in adalah 0,20 mm sedangkan celah klep ex adalah 0,30 mm. Bila penyetelan celah katup salah, mesin mobil akan sulit distarter karena tidak bisa melakukan langkah kompresi dengan baik. Akibatnya pembakaran tidak akan pernah terjadi. Hal inilah yang menyebabkan mobil sulit distarter ketika pagi hari.

Baca Juga : Akibat Celah Katup Terlalu Longgar dan Terlalu Rapat

4.       Ring Piston Aus

Selain ketiga penyebab diatas, untuk menciptakan kompresi tidak lain adalah ring piston. Seiring usia mesin mobil, maka ring piston lama kelamaan juga akan aus. Dengan ausnya ring psiton inilah menyebabkan kompresi hilang yang imbasnya mesin mobil sulit distarter diwaktu pagi hari.

5.       Campuran Bahan Bakar Kurus

Penyebab mobil sulit distarter yang terakhir adalah campuran bahan bakar terlalu kurus. Ketika mesin dingin, seharusnya membutuhkan campuran bahan bakar kaya. Karena campuran bahan bakar terlalu kurus inilah yang menyebabkan mobil sulit distarter saat pagi hari.

Demikian sedikit pengetahuan yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!