3 Ciri Freon AC Mobil Habis – AC merupakan suatu komponen sistem pendingin suatu kendaraan. Selain menambah kenyamanan dalam berkendara juga menjadi media penyeimbang temperatur udara luar dan udara dalam kabin. Pernahkah anda mengalami kaca mobil sangat berembun dengan tiba-tiba ketika turun hujan? Bisa dipastikan saat itu anda tidak menyalakan AC mobil atau memang freon anda habis.

Dari berbagi macam permasalahan yang muncul dan banyak pertanyaan yang datang, maka kami akan menuliskan sedikit pengetahuan terkait ciri freon habis pada AC mobil. Dengan tulisan ini kami berharap anda tidak terkecoh dengan bengkel “abal-abal” yang mengatakan harus ganti komponen AC semisal ganti kompresor dan lain sebagainya. Padahal AC tidak dingin hanyalah kehabisan freon saja. Yuk langsung simak poin pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Hanya Keluar Angin Saja

Tanda-tanda Freon AC Mobil Habis

1.       AC Hanya Keluar Angin Saja

Ketika anda menyalakan blower / kipas AC kok sudah lama menyala tapi tidak kunjung dingin juga udara dalam kabin mobil bisa dipastikan freon AC mobil anda sedang habis. Hal tersebut disebabkan freon tidak mengisi evaporator dengan baik, sehingga evaporator tidak mampu menyerap panas yang ada dalam kabin mobil.

2.       Kompressor Tidak Berputar

Untuk mobil sekarang ini, dalam sistem pendinginan AC  mobil telah dilengkapi dengan teknologi pressure switch sensor. Yaitu sensor yang berfungsi untuk mendeteksi tekanan freon yang bersirkulasi dalam sistem pendingin. Sensor ini biasanya terletak pada pipa high pressure atau tertanam dalam receiver drier.

Ketika freon habis, maka tekanan yang ada dalam sistem pendingin akan turun. Sehingga pressure switch ini akan mendeteksi bahwa tekanan freon turun dari kebutuhan yang semestinya. Penurunan tekanan ini membuat pressure switch tidak terhubung (saklarnya terputus) dan membuat kompresor AC tidak berputar lagi.

3.       Terdapat Gelembung Udara Pink Pada Sight Glass

Untuk memastikan bahwa freon habis silahkan anda melakukan pengecekan secara langsung kedalam sistem pendingin AC mobil. Caranya dengan memeriksa sight glass AC, ketika muncul gelembung udara berwarna pink pada receiver drier menandakan bahwa freon AC mobil anda telah habis. Silahkan segera lakukan pengisian ulang freon mobil anda.

Demikian sedikit berbagi pengetahuan yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. semoga sedikit tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *