Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Hanya Keluar Angin Saja – Sebagai pengendara mobil, salah satu komponen pendukung kenyamanan dalam berkedara adalah sistem pendingin berupa AC (Air Conditioner). Namun banyak keluhan yang sering diutarakan masyarakat terkait AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin saja. Kira-kira apa yang terjadi dalam sistem pendingin mobil tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya mudah-mudah gampang tergantung seberapa besar wawasan kita dalam dunia otomotif. Bagi anda yang penasaran mengapa AC hanya keluar angin saja tidak ada salahnya membaca sedikit tulisan kami tentang penyebab AC mobil hanya keluar angin saja berikut ini.

Baca Juga : Prinsip Kerja Sistem AC Mobil

Penyebab AC Hanya Keluar Angin Saja

1.       Kompressor AC Tidak Berputar

Yang kami maksudkan kompresor tidak berputar bisa multitafsir atau disebabkan banyak faktor. Misalnya aja tidak berputarnya kompresor disebabkan belt penghubung putaran mesin dengan kompresor putus, magnetic clutch rusak, bearing macet sehingga puli tidak berputar, celah center piece terlalu lebar sehingga medan magnet tidak mampu menariknya, thermistor (thermostat resistor) rusak, sekering putus karena terjadi konsleting pada magnetic clutch, dan lain sebagainya.

Intinya ketika kompresor tidak dapat berputar, membuat freon tidak dapat bersirkulasi. Ibarat manusia, kompresor itu seperti jantung yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Jika jantung berhenti, maka orang itu akan mati. Sama halnya dengan kompresor yang berfungsi memompa freon untuk disirkulasikan ke dalam sistem pendingin AC mobil. Jika kompressor tidak berputar maka akibat yang ditimbulkan tau sendiri kan? AC tidak akan dingin.

2.       Freon Habis

Ketika dilakukan pengecekan dan ternyata kompresor tidak ada masalah dan masih normal, bisa jadi freon yang ada dalam sistem pendingin itu habis. Ibarat manusia itu kehabisan darah. Kehabisan freon umumnya disebabkan oleh bocornya selang kompresor, maka dari itu sebelum anda mengisi ulang freon silahkan ganti selang yang bocor terlebih dahulu.

3.       Terdapat Kotoran Pada Evaporator

Seperti yang telah kita bahas dalam artikel sebelumnya bahwa evaporator berperan sebagai penyerap panas dalam kabin mobil. Meskipun blower AC mobil anda nyalakan, jika evaporator kotor maka akan sulit untuk menyerap panas. Maka dari itu yang keluar hanyalah angin saja.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan kami bisa menambah wawasan anda terkait dunia otomotif. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *