4 Warna Asap Kendaraan Indikasi Kerusakan Mesin – Bila anda pecinta kendaraan, suka touring, off-road dan lain sebagainya. Maka merawat sebuah kendaraan kesayangan itu merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar kendaraan kesayangan anda tetap awet dan tahan lama. Terkadang tidak kita sadari ketika knalpot kendaraan mengeluarkan asap dianggap hal yang wajar karena merupakan efek dari pembakaran bahan bakar yang terjadi diruang bakar.

Jika anda masih mempunyai anggapan demikian, maka kami sarankan untuk mengubah anggapan tersebut. Dalam artikel kali ini kami akan membahas kerusakan mesin kendaraan yang ditandai dengan warna asap yang dikeluarkan oleh knalpot. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini sampai tuntas.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Motor Berasap

Mengenali Kerusakan Mesin Dari Warna Asap Knalpot

1.       Knalpot Mengeluarkan Asap Warna Putih

Ketika engine anda mengeluarkan asap berwarna putih, hal itu mengindikasikan terjadinya kerusakan dalam sistem pembakaran. Komponen tersebut adalah ring piston yang telah aus. Meskipun anda telah mengganti oli mesin dengan yang baru, ketika ring piston aus maka efeknya akan timbul asap warna putih pada knalpot. Ausnya ring piston ini bisa disebakan karena jarang ganti oli atau memang umur mesin yang telah tua.

2.       Knalpot Mengeluarkan Asap Warna Hitam

Untuk kendaraan dengan bahan bakar solar merupakan hal yang wajar bila asap yang dikeluarkan knalpot adalah asap hitam. Namun berbeda halnya jika mesin bensin mengeluarkan asap hitam. Maka anda perlu melakukan pengecekan pada komponen sensor, injektor bahan bakar, dan juga fuel pressure regulator. Kerusakan pada komponen tersebutlah yang menjadi pemicu utama terjadinya asap warna hitam pada mesin bensin. Asap warna hitam timbul karena campuran kaya pada ruang bakar, sehingga pemakarannya tidak sempurna yang mengakibatkan timbulnya asap berwarna hitam.

3.       Knalpot Mengeluarkan Asap Warna Biru

Warna biru pada asap disebabkan karena terbakarnya oli yang masuk dalam ruang bakar. Hal ini biasa terjadi pada mobil atau motor yang telah berumur tua. Maka anda harus sering-sering mengecek kondisi oli, jika berkurang segeralah anda menambahnya. Tapi alangkah lebih baiknya jika dilakukan penggantian spare part kendaraan yang telah mengalami ke-aus-an.

4.       Knalpot Mengeluarkan Asap Warna Abu-abu

Sedangkan ciri kerusakan yang ke 4 ini adalah munculnya warna asap abu-abu pada knalpot. Hal ini terjadi karena ada kerusakan pada komponen kendaraan yaitu katup PCV (Positive Crankcase Ventilation). Katup PCV ini mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang bakar tidak bisa dikontrol dengan baik.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini, semoga sedikit tulisan ini bermanfaat. Terima kasih telah bekunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *