3 Penyebab AC Mobil Panas dan Tidak Dingin – Sistem AC mobil merupakan sistem pendingin yang menjadi kebutuhan utama pada era ini. Era saat ini merupakan era global warming (pemanasan global). Dengan semakin banyaknya kendaraan yang beredar di Indonesia dan tidak diimbangi dengan pelebaran jalan, maka akan banyak timbul kemacetan dimana-mana.

Kemacetan yang terjadi membuat temperatur lingkungan setempat juga naik. Seiring naiknya temperatur lingkungan akibat kemacetan tersebut juga berdampak pada sistem pendingin mobil. Dari permasalahan yang sering muncul, pertanyaan yang kami terima terkait kenapa AC mobil tiba-tiba panas akan kami bahas pada artikel berikut ini. Yuk langsung saja pada poin inti pembahasan berikut.

Baca Juga : Prinsip Kerja Sistem AC Mobil

Penyebab AC Mobil Panas

1.       Freon Berlebih

Untuk masyarakat yang masih awam tentang AC mobil, ketika mengalami permasalahan AC mobil panas akan dibawa ke sembarang bengkel. Kebanyakan bengkel awam akan berspekulasi bahwa AC mobil tiba-tiba panas disebabkan oleh tekanan freon yang turun. Akhirnya mereka akan menambah freon.

Padahal AC mobil tiba-tiba panas dan tidak dingin belum tentu freon yang habis, masih banyak penyebab yang lainnya. Ketika tekanan freon berlebih inilah yang menjadikan penyebab utama AC mobil tiba-tiba panas.

2.       Evaporator Kotor

Evaporator merupakan suatu komponen kendaraan yang berfungsi untuk menyerap panas yang ada dalam kabin mobil. Ketika evaporator kotor, maka yang terjadi adalah proses penyerapan panas dari kabin mobil akan terhalang yang imbasnya akan menjadikan AC mobil tiba-tiba panas. Solusinya, silahkan anda melakukan perawatan berkala dan bersihkan kotoran yang menempel pada evaporator sistem pendingin AC mobil anda.

3.       Magnetic Clutch Bermasalah

Gejala yang paling sering muncul adalah AC mobil panas ketika keadaan macet, namun ketika keadaan jalanan normal kembali dingin lagi. Hal ini sering terjadi sebagai gejala awal bahwa magnetic clutch kompresor AC mobil anda mengalami kerusakan. Yaitu dioda pada magnetic clutch sudah melemah akibat kalah dengan panas yang dikeluarkan oleh suhu mesin.

Demikian sedikit pembahasan terkait AC mobil panas dan tidak dingin yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tulisan kami bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *