Adakah Efek Yang Timbul Pada Mesin Jika Sering Ganti Oli Beda Merk?

Adakah Efek Yang Timbul Pada Mesin Jika Sering Ganti Oli Beda Merk?

Adakah Efek Yang Timbul Pada Mesin Jika Sering Ganti Oli Beda Merk? – Oli merupakan suatu sistem dalam kendaraan yang berfungsi sebagai sistem pelumas mesin kendaraan. Tujuan adanya sistem pelumas pada kendaraan adalah untuk mengurangi panas yang timbul dari mesin akibat gesekan antar komponen. Selain mengurangi panas yang timbul juga menjaga agar komponen mesin lebih awet dan tidak cepat aus.

Jika mesin keadaan cepat aus, efeknya adalah daya motor atau mobil anda akan berkurang. Bahkan jika tanpa pelumas bisa jadi kendaraan anda tidak akan berjalan, hal ini disebabkan piston, ring piston dan silinder blok tidak bisa bergerak dengan leluasa dan macet didalam. Maka dari itu sistem pelumasan sangatlah penting untuk kendaraan yang kita miliki.

Peran yang sangat vital ini menimbulkan banyak pertanyaan dari berbagai pihak. Salah satunya bertanya tentang efek yang ditimbulkan jika sering ganti merk oli itu apa? Maka dari itu kami tertarik untuk membahas pertanyaan tersebut dalam artikel kali ini. Yuk langsung saja pada poin pembahasan berikut.

Baca Juga : Cari Oli Yang Cocok Untuk Motor Honda? Berikut Penjelasannya

Efek Sering Ganti Oli Beda Merk

Berdasarkan pengalaman kami dibengkel otomotif serta jam terbang sebagai guru SMK, ketika kita sering ganti oli beda merk tidak ada efek yang ditimbulkan pada mesin. Dengan catatan, oli yang anda gunakan sesuai dengan spesifikasi kendaraan anda. Artinya oli yang dikhususkan untuk matic jangan digunakan pada motor manual, atau sebaliknya oli motor manual jangan digunakan pada matic. Itu efeknya akan membuat mesin sering panas.

Memang sekarang ini sangat banyak sekali beredar jenis oli mulai dari bahan mineral sampai bahan fully syntetic. Akhirnya banyak orang mencoba-coba mana kualitas oli yang lebih baik pada kendaraan. Yang terpenting itu gunakan oli sesuai dengan standar pabrikan kendaraan anda. Masalah beda merk kami rasa tidak ada efeknya. Bedanya cuman kualitas oli tersebut saja.

Bukan berarti semakin bagus oli akan semakin bagus untuk kendaraan anda. Melainkan oli yang paling bagus untuk kendaraan adalah oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan anda. Seperti halnya bahan bakar yang paling bagus adalah yang memiliki nilai oktan tinggi seperti pertamax. Namun, pertamax hanya cocok untuk mesin kendaraan yang mempunyai kompresi tinggi. Jika digunakan pada mesin kompresi rendah, efeknya pada mesin akan cepat panas.

Baca Juga : Mesin Motor Awet dan Irit Pakai Pertamax, Pertalite, atau Premium?

Demikian sedikit berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!