Keypad HP Macet? Berikut Cara Mengatasinya – Di jaman now ini memang tidak banyak yang masih menggunakan HP dengan keypad. Namun juga tidak sedikit orang yang masih setia dengan HP ber keypad. Salah satunya saya juga masih menggunakan HP ber keypad kok. Selain ringan dibawa juga enjoy aja dengan HP classic ber keypad.

Meski demikian bukan berarti HP ber keypad tidak ada problem. Kalau HP android biasanya banyak sekali masalah, mulai dari terkena virus, layar nggak bisa digeser, HP sering restart sendiri, butuh di flash dan masih banyak masalahnya. Sedangkan untuk HP ber keypad, masalah yang paling sering muncul adalah keypad macet, tidak berfungsi, dan tidak bisa buat ngetik.

Hal tersebut terjadi biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut, meliputi: terjatuh di lantai, adanya virus masuk kedalam sistem aplikasi, terlalu sering dipencet untuk main game, terkena debu, terkena air, dan juga masih banyak lagi penyebabnya. Secara garis besar jika ditarik kesimpulan, penyebab utamanya ada 2. Yaitu macet karena software dan macet karena hardware. Yuk langsung baca pembahasan artikel berikut.

Baca Juga : Atasi HP Android Restart Sendiri

Keypad Macet Karena Software

1.       Untuk HP samsung, silahkan kamu coba tekan *2767*2878#

2.       Untuk HP sony, silahkan kamu masuk tab master reset. Kemudian masukkan kode standar 0000, 000000, atau 12345

3.       Untuk HP motorola, silahkan kamu coba tekan # selama 5 detik. Kemudian tekan 57#

4.       Untuk HP nokia, silahkan kamu tekan *#7780# kemudian OK.

Silahkan kamu coba dengan menekan tombol diatas terlebih dahulu. Jangan terburu-buru dibongkar. Karena bukan selalu hardware yang rusak ketika keypad HP macet. Bisa jadi yang bermasalah adalah softwarenya.

Keypad Macet Karena Hardware

Jika cara diatas ternyata tidak manjur, bisa dipastikan yang menjadi problem adalah hardwarenya. Terutama bagian kuningan yang ada dibawah isolator keypad kotor atau berkerat. Silahkan kamu bongkar HP kamu dan bersihkan dengan hati-hati agar tidak merusak kuningannya. Caranya bagaimana? Ikuti langkah berikut:

1.       Silahkan kamu bongkar casing HP kamu, selanjutnya ambil isolator keypad-nya (karet untuk mengetik).

2.       Setelah terambil isolatornya, akan tampak kuningan sebagai tombol tekan keypad HP kamu. Silahkan bersihkan kotoran debu atau karat yang ada. Saran saya, gunakan sikat gigi dicampur dengan minyak kayu putih agar benar-benar bersih.

3.       Setelah bersih, lanjutkan dengan mengecek apakah sudah berfungsi lagi tombol keypad HP kamu. Pasang isolator diatas kuning, silahkan dicoba untuk mengetik. Jika sudah berhasil silahkan pasang kembali casing HP kamu.

Nah, mudah kan dalam mengatasi keypad HP macet? Semoga sedikit berbagi ilmu yang kami tuliskan ini bermanfaat dan bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang kamu alami. Terima kasih telah berkunjung, selamat mencoba 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *