3 Cara Tradisional Menghilangkan Bau Kabin Mobil – Bau yang dipancarkan oleh kabin mobil merupakan sesuatu yang sangat mengganggu indra penciuman pengendara, baik itu pengendara sebagai sopir maupun sebagai penumpang. Penyebab bau yang muncul dalam kabin mobil sangatlah bervariasi. Mulai dari ompol anak kecil, asap rokok, sisa makanan, tumpahan makanan dan minuman, sampai sampah bekas makanan yang tidak segera dibuang.

Selain penyebab diatas, yang paling mendominasi terjadinya bau menyengat dari kabin mobil adalah bakteri yang hidup dalam kabin mobil. Bakteri tersebut hidup dengan cara memanfaatkan kelembapan kabin mobil, ditambah lagi dengan sisa makanan maupun minuman yang terdapat dalam mobil. Untuk menghilangkan bau mobil seperti itu, jika anda ingin benar-benar steril silahkan bawa ke bengkel profesional. Atau bahkan anda ingin membeli alat penyeteril bau kabin mobil sendiri juga gak apa-apa, tapi akan menguras kantong anda pastinya. Hehe.

Baca Juga : AC Mobil Hidup Mesin Cepat Panas? Yuk Pelajari Penyebabnya

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas sedikit pemanfaatan barang yang ada disekitar kita untuk mengusir bau yang dipancarkan oleh kabin mobil. Tidak memerlukan alat yang canggih dan modern, cukup dengan cara tradisional saja. Yuk langsung simak pembahasan berikut.

1.       Menggunakan Bubuk Kopi Hitam

Bubuk kopi hitam merupakan alternatif pertama yang bisa digunakan. Karena secara penelitian bubuk kopi hitam bisa menetralkan bau tak sedap sekalipun. Namun dengan catatan sebelum menggunakan bubuk kopi sebagai penetral bau kabin, anda harus membersihkan seluruh ruangan kabin mobil anda terlebih dahulu. Karena percuma jika anda menggunakan bubuk kopi, tapi sumber baunya masih belum dikeluarkan.

Cara menggunakan bubuk kopi sebagai penetral bau kabin mobil cukup mudah. Taburkan pada kabin mobil anda yang menjadi sumber bau tidak sedap. Biarkan 3 – 4 jam agar bubuk kopi tersebut bereaksi terhadap bau kabin. Selanjutnya silahkan anda “sedot” menggunakan vacum cleaner agar kabin mobil bersih kembali.

2.       Menggunakan Air Cuka

Air cuka menjadi alternatif kedua, karena air cuka juga terbukti mampu meyerap bau tak sedap yang timbul dari kabin mobil. Caranya silahkan anda menaruh air cuka didalam wadah kecil, kemudian taruhlah pada tempat-tempat kabin mobil yang bau. Diamkan kurang lebih semalam, agar uap air cuka bereaksi terhadap bau kabin mobil. Setelah semalam bau kabin akan kembali netral. Sebagai catatan, jangan tuang cuka pada kabin secara langsung, nanti zat kimia yang terkandung dalam cuka bisa merusak kabin mobil anda.

3.       Menggunakan Kulit Jeruk

Kalau soal kulit jeruk tidak begitu ampuh sebagai penetral bau kabin, namun tetap berpengaruh kok. Minimal bisa mengurangi bau kabin meski tidak sampai netral 100%. Caranya silahkan anda menempatkan kulit jeruk pada kabin mobil yang berbau. Biarkan kulit jeruk tersebut menguap sampai kering beberapa hari. Minimal bau yang ditimbulkan kabin mobil bisa terkurangi.

Demikian sedikit tips yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa menambah wawasan dan membantu menyelesaikan permasalahan yang anda alami. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *