3 Penyebab Mesin Diesel Sulit Dinyalakan

3 Penyebab Mesin Diesel Sulit Dinyalakan

3 Penyebab Mesin Diesel Sulit Dinyalakan – Kedaraan bermotor dengan mesin diesel merupakan sebuah kendaraan yang didesain khusus agar bisa menahan kompresi yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan mesin bensin. Sehinga konstruksi mesin diesel lebih rapat dan lebih kokoh dengan tujuan mampu menahan kompresi yang dihasilkan oleh pergerakan piston.

Kompresi yang tinggi pada mesin diesel difungsikan untuk membakar bahan bakar solar secara sendirinya (self combustion). Jadi solar bisa terbakar dengan sendirinya ketika mesin mencapai panas tertentu. Berbeda dengan mesin bensin yang harus dilengkapi dengan busi, karena mesin bensin tidak bisa menciptakan pembakaran dengan sendiri meski temperatur mesin sepanas apapun. Oleh karena itu mesin bensin dibantu dan dilengkapi dengan busi pematik untuk menciptakan percikan bunga api agar bahan bakar bensin bisa terbakar dengan sempurna.

Kembali lagi pada pembahasan utama terkait mesin diesel sulit untuk dinyalakan, hal ini kerap terjadi karena ada penyebabnya. Oleh karena tidak adanya busi pada mesin diesel, maka ketika mesin diesel sulit dinyalakan itu wajar. Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara spesifik penyebab mesin diesel sulit dinyalakan. Yuk langsung pada poin pembahasan berikut.

Baca Juga: 3 Penyebab Mobil Dengan Mesin Diesel Lebih Boros

Penyebab Mesin Diesel Sulit Di Starter

1.       Kompresi Bocor

Sistem mesin diesel dibuat dengan kompresi tinggi agar bisa menciptakan self combustion. Jika terjadi kebocoran kompresi, maka efek yang ditimbulkan adalah mesin sulit untuk dinyalakan, karena mesin diesel tidak dilengkapi dengan busi seperti pada mesin bensin. Penyebab kebocoran kompresi pada mesin diesel sama persis dengan mesin bensin yaitu ring piston aus, silinder blok aus, dan setelan klep yang tidak tertutup dengan rapat.

2.       Pompa Injeksi (Bospom) dan Nozzle Bermasalah

Untuk mengimbangi tekanan kompresi yang tinggi, pemasukan bahan bakar solar keruang bakar juga harus bertekanan tinggi dengan cara bahan bakar dipompa oleh bospom (pompa injeksi) yang disalurkan ke nozzle untuk diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Dengan tingginya tekanan bahan bakar pada mesin diesel, bisa anda jumpai selang bahan bakarnya terbuat dari pipa besi. Nah, jika bospom dan nozzle bermasalah, maka suplai bahan bakar juga akan bermasalah yang efeknya adalah mesin sulit untuk dinyalakan.

3.       Turbocharger Error

Untuk kendaraan mesin diesel sekarang ini telah dilengkapi dengan turbocharger yang berfungsi untuk mempertahankan suplai udara kedalam ruang bakar pada setiap kondisi mesin. Oleh karena itu, jika jumlah suplai udara tidak memadai, maka efeknya mesin diesel akan sulit untuk dinyalakan.

Demikian sedikit pembahasan artikel yang bisa kami tuliskan. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!