Pengen Cat Ulang Bodi Kendaraan? Ketahui Dulu Fungsi Repainting Berikut – Bagi anda yang ingin melakukan pengecatan ulang kendaraan, entah itu mobil atau motor bahkan truk sekalipun pasti ada penyebabnya. Penyebab utama yang sering terjadi bilamana sesorang ingin melakukan repainting adalah karena kecelakan, di tabrak dari belakang, tergores benda lain, warna bodi sudah kusam, bahkan karena hanya bosan dengan warna mobil yang sedang dipakai.

Dalam artikel kali ini, kami akan menguraikan fungsi pengecatan kendaraan kendaraan yang meliputi dari 3 aspek. Aspek tersebut adalah ekonomis, estetika, dan perlindungan material. Yuk, kita langsung pada poin pembahasan berikut.

Baca Juga : Arti Warna Mobil Sesuai Karakter Kepribadian Pemilik

3 Fungsi Pengecatan Kendaraan

1.       Aspek Ekonomis

Proses pengecatan dengan tujuan untuk melindungi metal / bodi yang dapat menurunkan kekuatannya dan terjadi korosi/karat. Oleh karena itu permukaan material dilindungi dengan cat yang akan merintangu kerusakan material dan akan meningkatkan penggunaannya dalam waktu yang lebih lama.

Ketika bodi kendaraan terlindungi oleh cat berkualitas, maka sebagai pemilik kendaraan tidak perlu mengeluarkan uang yang berlebih untuk perawatan akibat korosi dan berkarat. Mak dari itu pengecatan bodi kendaraan juga berfungsi jika ditinjau dari aspek ekonomis.

2.       Aspek Estetika dan Identifikasi

Cat memberikan warna dan kilapan pada suatu objek dan meningkatkan efek estetikanya yang selanjutnya mempengaruhi daya tarik dari suatu produk kendaraan. Identifikasi warna juga merupakan tujuan lain dari pengecatan dimana mobil pemadam kebakaran, ambulan, dan mobil polisi dengan warna tersendiri untuk membedakannya dengan kendaraan lain. Sekalipun ada berbagai cara untuk meningkatkan tampilan suatu objek, namun tidak ada yang lebih sederhana dan memberi hasil yang lebih baik dari pengecatan.

Kendaraan yang anda miliki akan lebih bernilai dan mempunyai daya tarik lebih bila anda beri perlakuan pengecatan ulang, itu merupakan fungsi pengecatan dari aspek estetika. Sedangkan perbedaan warna mobil dari masing-masing instansi merupakan fungsi pengecatan kendaraan ditinjau dari aspek identifikasi.

3.       Aspek Perlindungan Mental

Tujuan dari perlindungan material ini untuk melindungi metal / bodi yang dapat rusak dengan mudah oleh terjadinya korosi atau karat dan tidak menjamin kekuatan aslinya, tetapi permukaan material ini dapat dilindungi oleh cat.

Demikianlah fungsi pengecatan ulang kendaraan yang harus anda ketahui. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *