Macam-macam Motor Bakar Pembakaran Dalam

Macam-macam Motor Bakar Pembakaran Dalam

Macam-macam Motor Bakar Pembakaran Dalam – Dalam dunia otomotif, secara mendasar anda harus memahami tentang sebuah konsep motor bakar pembakaran dalam. Sehingga dalam mengembangkan sebuah inovasi di dunia otomotif atau mesin konversi energi lainnya akan lebih mudah. Motor pembakaran dalam sendiri yaitu sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gasgas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung dalam ruang tertutup dalam mesin (ruang bakar).

Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan macam-macam motor bakar pembakaran dalam. Yuk kita langsung pada poin inti pembahasan berikut.

Baca Juga : Kendaraan Berjalan, Apa Penggerak Mula Motor Bakar?

1.       Motor Torak

Motor torak merupakan motor pembakaran dalam yang memanfaatkan bahan bakar kimia sebagai bahan utamanya untuk melakukan sebuah pembakaran. Bahan bakar yang bercampur dengan udara masuk ke dalam ruang bakar, akibat gerakan piston yang menekan campuran tersebut mengakibatkan temperatur dan tekanan dalam ruang bakar menjadi tinggi. Kemudian, tepat sebelum torak mencapai ujung TMA (Titik Mati Atas) busi memercikkan bunga api sehingga torak bergerak ke bawah dan memutarkan poros engkol. Lihat gambar berikut.

Sifat-sifat yang menonjol:

a.       Gerak translasi / gerak bolak-balik torak dirubah menjadi gerak putar poros engkol.

b.       Untuk mengurangi getaran, jumlah silinder dapat dibuat lebih dari satu.

c.       Digunakan pada motor 2 tak dan 4 tak baik motor bensin maupun motor diesel.

2.       Motor Wankel

Motor wankel merupakan mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerak putar pada rotor yang menggerakkan sumbu. Cara kerja mesin wankel yaitu tanda “A” merupakan salah satu ujung dari rotor, tanda “B” merupakan sumbu eccentric yang menggerakkan poros mesin. Sumbu poros mesin berputar tiga kali untuk setiap putaran rotor mengelilingi poros eccentric. Lihat gambar berikut.

Sifat-sifat yang menonjol:

a.       Gerakan torak berotasi (berputar).

b.       Pengisian, kompresi dan pembuangan diatur oleh torak.

c.       Lebih ringan.

d.       Getaran kecil.

e.       Jarang digunakan dan tidak diproduksi secara massal.

Contoh : Mazda RX-7 dan Mercedes Benz

3.       Turbin gas

Turbin gas merupakan suatu mesin rotari ang berffungsi untuk mengubah energi potensial aliran fluida menjadi energi gerak. Putaran dari turbin diakibatkan oleh adanya gas bertekanan yang meleati sudusudu turbin. Gas pembakaran bertekanan tinggi ini didapatkan dari pembakaran bahan bakar dengan udara sesaat sebelum masuk turbin. Lihat gambar berikut.

Sifat-sifat yang menonjol:

a.       Semua bagian berputar, sehingga getaran kecil.

b.       Pembakaran berlangsung secara terus menerus.

Contoh : Peswat Terbang dan Penggerak Generator Listrik

Pada motor bakar pembakaran dalam, tenaga primer tidak dijadikan tenaga mekanis secara utuh 100%. Panas / kalori hasil pembakaran hanya akan menghasilkan efisiensi sebesar kurang lebih 30%, sedangkan yang lain hilang. 30% terbawa gas buang, 30% terhisap sistem pendingin, dan 10% akibat gesekan dan radiasi.

Demikian sedikit penjelasan yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!