Ketahui Jenis Sistem Penyalaan Kendaraan Anda, Penyalaan Diri Atau Dengan Pengapian! – Kembali lagi berjumpa dengan artikel pembahasan tentang seputar otomotif. Dalam tulisan kali ini kami akan membahas tentang sistem penyalaan sebuah kendaraan. Hal ini wajib anda ketahui dikarenakan jika terjadi macet pada kendaraan anda sewaktu-waktu, anda bisa mengatasinya dengan mudah. Yang paling penting, minimal anda tidak bisa ditipu oleh orang bengkel yang mengatakan harus ganti spare part. Dengan memahami seluk-beluk seputar otomotif, kami berharap ilmu yang kami bagikan bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Yuk langsung pada poin pembahasan berikut.

Baca Juga : Sensor-Sensor Injeksi (EFI) Pada Mesin Mobil Bensin

Sistem Penyalaan Kendaraan

1.       Penyalaan Pengapian

Penyalaan pengapian biasa disebut dengan penyalaan yang dibantu oleh percikan bunga api dari busi. Busi bisa memercikkan bunga api akibat perubahan tegangan yang dibuat oleh coil sekunder, yang awalnya tegangan hanya 12 V dirubah menjadi 25 kV.

Adapun ciri penyalaan pengapian yang paling mudah untuk dimengerti yaitu:

a.       Bensin dan udara dicampur pada karburator / saluran masuk / injektor.

b.       Campuran dimasukkan ke dalam silinder.

c.       Bunga api dipercikkan oleh busi dan akan membakar campuran bahan bakar dan udara.

Lebih jelasnya lihat gambar berikut.

2.       Penyalaan Diri

Penyalaan diri bisa terjadi akibat temperatur yang tinggi. Pada saat temperatur tinggi, bahan bakar di injeksikan kedalam ruang bakar sehingga bahan bakar bisa melakukan pembakaran secara mandiri (self combustion).

Adapun ciri penyalaan diri yang paling mudah untuk dimengerti yaitu:

a.       Hanya udara yang dihisap oleh mesin.

b.       Udara dikompresikan dengan tekanan tinggi sehingga temperatur juga tinggi.

c.       Bahan bakar diinjeksikan ke dalam silinder dengan halus lalu menguap dibantu oleh pompa injeksi.

d.       Bahan bakar terbakar dengan sendirinya.

Lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Adapun penggunaan penyalaan pengapian biasa digunakan pada kendaraan dengan bahan bakar bensin, diantaranya: Pertamax, Pertalite, dan Premium. Sedangkan penggunaan penyalaan diri biasa digunakan pada kendaraan dengan bahan bakar diesel, diantaranya: Solar, Biosolar, dan Dexlite.

Kerusakan yang sering terjadi pada sistem penyalaan pengapian adalah kelistrikan pengapian dan busi. Sehingga jika ada kendala pada kendaraan anda, susah nyala. Pertama kali yang harus anda chek adalah bahan bakar, kemudian baru businya. Adapun untuk kendaraan dengan sistem penyalaan diri yang sering menjadi kendala adalah sistem pompa injeksinya. Dikarenakan harus memompa bahan bakar dengan tekanan tinggi secara terus menerus.

Demikian sedikit artikel yang bisa kami bagikan, semoga dengan sedikit tulisan ini bisa menambah wawasan dan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *