3 Kriteria Oli Mobil Matic Terbaik

3 Kriteria Oli Mobil Matic Terbaik

Kemacetan di kota-kota besar sudah semakin menjadi-jadi. Mobil matic merupakan sebuah pilihan utama bagi pengendara di jalanan macet karena kemudahan dan kenyamanannya. Selain mudah dan nyaman digunakan, pastinya diperlukan perawatan berkala agar didapat peforma mobil matic yang optimal. Salah satu perawatan berkala yang tidak boleh tertinggal adalah perawatan oli. Oli memiliki kegunaan yang multifungsi bagi kendaraan, misalnya sebagai pelumas komponen kendaraan agar mudah bergerak dengan leluasa, sebagai peredam gesekan dan panas yang ditimbulkan oleh gesekan transmisi, sebagai pendingin sekaligus penyekat terjadinya kebocoran kompresi, dan juga sebagai pembersih bagian dalam mesin dari kotoran yang terjadi akibat sisa pembakaran.

Dikatakan oli terbaik untuk mobil matic harus mampu dan memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Mampu Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Gesekan
    Sebuah kendaraan bisa berjalan dengan baik dikarenakan komponen satu dengan yang lainnya saling berhubungan sehingga membuat kendaraan bisa berjalan. Proses saling berhubungan antar komponen ini menimbulkan sebuah gesekan, jika gesekan tidak diredam akan mempercepat komponen mobil mejadi aus. Selain sebagai pelumas dari gesekan yang terjadi dalam mesin mobil, oli yang digunakan pada mobil matic harus memiliki daya tahan yang bagus. Jika daya tahan oli terhadap gesekan bagus, akan tercipta efisiensi bahan bakar dan peningkatan kinerja transmisi mobil matic dengan optimal.
  2. Mampu Bertahan Terhadap Suhu Yang Tinggi
    Mobil matic menduduki peringkat pertama yang digunakan pada jalanan macet. Maka dari itu mesin mobil sangat cepat mengalami overheating yang imbasnya membuat sistem pendingin harus bekerja ekstra. Salah satu fungsi oli dalam sistem kendaraan selain sebagai pelumas juga sebagai pendingin mesin saat terjadi overheating. Dalam kondisi ini, maka oli mesin mobil matic yang dibutuhkan adalah oli yang mampu menjaga, memelihara, dan melindungi mesin dari overheating sehingga membuat mobil tetap bekerja secara efektif dan efisien dengan peforma yang optimal.
  3. Mempunyai Persyaratan Spesifikasi dari GM Dextron dan Ford Mercon
    GM Dextron dan Ford Mercon merupakan persyaratan spesifikasi oli produksi asia yang telah diformulasikan untuk kendaraan transmisi otomatis dan sesuai dengan kebutuhan mobil sedan, Sport Utility Vehicle (SUV), dan Multi-Purpose Vihicle (MPV). Dengan memenuhi spesifikasi tersebut, maka oli mobil matic yang anda pilih merupakan oli yang terbaik. Oli terbaik untuk mobil matic adalah oli transmisi berbahan sintetik yang handal dan unggul untuk berbagai jenis kendaraan dengan sistem transmisi otomatis dan diciptakan untuk memberikan efisiensi, kelancaran, dan penggunaan bebas masalah. Oli sintesis juga memiliki tingkat kekentalan atau nilai SAE yang cukup rendah dan stabil dalam temperatur tinggi. Sehingga saat membeli oli untuk mobil matic, jangan lupa untuk memperhatikan API Service Oil yang dijelaskan dalam kode kemasan.

Baca Juga : Cari Oli Yang Cocok Untuk Motor Honda? Berikut Penjelasannya

Jika oli mobil matic yang anda pilih telah memenuhi 3 kriteria diatas, maka anda bisa tenang mengendarai mobil matic anda. Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini, semoga dengan sedikit tulisan ini bisa menambah wawasan dan memecahkan masalah anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!