Nangkadak merupakan persilangan antara nangka varietas mini (Artocarpus heterophyllus) sebagai induk betina dengan cempedak (Artocarpus integer) sebagai induk jantan. Induk betina dipilih yang berumur genjah, bentuk buah bulat, berukuran sedang, tajuk pohon pendek, dan pohon rimbun.

Induk jantan adalah tanaman cempedak yang beraroma buah kuat, rasa buah manis, tahan terhadap hama, kulit buah mudah dikupas, dan produksi buahnya tinggi. Habitus pohon nangkadak lebih menyerupai cempedak sebagai induk silangan jantannya. Buah berbentuk bulat telur memanjang.

Kulit buah nangkadak menyerupai nangka, daging buah lembut dan mudah dipisah dari dami dan kulit buahnya. Rasa manis buah nangkadak lebih stabil saat musim hujan tidak seperti nangka atau cempedak yang akan berkurang rasa manisnya dan cenderung hambar. Batang nangkadak berkayu, jika dilukai batang akan mengeluarkan getah.

Daun berwarna hijau tua dengan permukaan daun berambut halus dan bergetah. Bunga nangkadak monoecious (berumah satu) yang berarti bunga jantan dan bunga betina letaknya terpisah namun masih dalam satu pohon sehingga untuk memaksimalkan pembentukan buah masih perlu dilakukan penyerbukan buatan.

Buah Nangkadak yang bernama latin Artocarpus Heterophyllus X Artocarpus Integer, adalah kolaborasi tanaman antara Nangka betina dengan Cempedak jantan. Buah hasil perkawinan silang antara Nangka dan Cempedak itu kemudian diberi nama Nangkadak, yaitu akronim dari kata Nangka dan Cempedak.

Proses penanaman nangkadak

  1. Pemilihan bibit yang baik
    Bibit bisa di peroleh dari perbanyakan dari biji okulasi ataupun cangkok. Bahkan pembibitan bisa kita lakukan sendiri. Tapi perlu di perhatikan bahwa memilih bibit itu adalah proses yang paling penting, karena dapat mempengaruhi kelangsungan pertumbuhan tanaman untuk selanjutnya. Misalnya, bibit nangkadak harus bebas dari hama penyakit, berdaun hijau dan segar dan paling terpenting tidak layu, tips yang paling penting dalam menanam nangkadak di kebun sendiri adalah dengan memastikan berbatang kokoh tidak kering dan memilih cabang rindang.
  2. Lokasi penanaman
    Untuk lokasi yang cocok dalam menanam nangkadak ini adalah dengan memilih dataran dengan ketinggian berkisar 0-800 m dpl dan memiliki curah hujan tahunan. Selain itu tips menanam nangkadak di kebun sendiri juga yang perlu di perhatikan adalah dengan memastikan sekitar lingkungan harus bersih dari rumput liar di sekitar lahan yang akan di tanam. Selain itu, pastikan lahan tidak terlalu sempit, tanahnya juga kaya dengan unsur hara, dan mendapat sinar matahari langsung.
  3. Pembuatan lubang di lahan
    Kita bisa menggunakan cangkul untuk membuat lubang pada tanah. Kemudian masukkan kompos atau pupuk kandang yang sudah terfermentasi dan sekam, kemudian aduk sampai merata dan diamkan selama 2-3 hari, biarkan itu terkena sinar matahari secara langsung. Tujuannya, agar bakteri sumber penyakit bisa mati.
  4. Penanaman
    Perakaran bibit nangkadak harus di letakkan pada lubang tanam yang sudah di sediakan tadi. Kalau membeli bibit di toko, biasanya sudah tertanam pada media polybag, jadi cara mudahnya, kita tinggal menyobek plastik polybag dengan hati-hati, jangan sampai balutan tanah dan perakaran putus. Posisi bibit pun perlu di perhatikan, misalnya pastikan posisi bibit jangan miring, haruslah tegak lurus. Tujuannya, agar dapat tumbuh sempurna ketika di tanam nanti.
  5. Penutupan lubang
    Setelah bibit nangkadak di letakkan pada lubang tanam, kita tinggal tutup dengan media campuran tanah juga kompos dan sekam yang sudah kita persiapkan. Tapi jangan lupa untuk menutupnya sampai rapat. Tips menanam marigold yang mudah juga dengan cara penutup lubang tanam di padatkan sedikit dengan di injak-injak dengan baik. Jangan terlalu padat juga ketika menginjak-injaknya, karena ini dapat menghambat proses pertumbuhan tanamannya.
  6. Penyiraman
    Untuk penyiraman, yang perlu di perhatikan adalah jangan menyiram tanaman ini menjadi terlalu becek. Jangan menggunakan alat yang bisa menyiram tanaman ini, sehingga menyentuh marigold secara langsung. Coba dengan menyiram menggunakan semprotan tanaman, atau botol minuman yang di isi air dengan cukup.
  7. Pemupukan
    Pemupukan yang rutin, bisa sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Ini memberikan nutrisi dengan baik bagi pertumbuhan tanaman. Bahkan jika pemupukan di lakukan dengan rutin, ini bisa membantu tanaman terhindar dari penyakit dan tetap terus sehat bahkan meleset dari bakteri yang mau menyerang.
  8. Perangsangan
    Agar tumbuhan nangkadak bisa bertumbuh dengan cepat, perlu di berikan hormon yang bisa merangsang pertumbuhan buah dan bunga. Bahkan, jika kita mencoba untuk merangsang pertumbuhan buah dan bunga, itu bisa menghasilkan buah yang lebih berkualitas. Perangsang buah yang paling terlihat hasilnya adalah POC BMW. Perangsang buah yang satu ini bisa terbukti menghasilkan buah yang berkualitas. Bahkan terbukti menghasilkan banyak buah yang baik, hanya dalam beberapa hari saja.
  9. Perawatan
    Perawatan untuk tumbuhan yang satu ini juga sangat penting. Agar tumbuh secara optimal, Cobalah untuk menyiramnya 1-2 kali sehari. Tapi juga bergantung kelembapan tanahnya. Itu sebabnya, jangan lupa untuk membersihan rumput -rumput yang tumbuh di sekitaran tanaman ini.
  10. Penanggulangan hama dan penyakit
    Cara yang paling efektif dalam hal ini adalah dengan penyemprotan insektisida. Dalam penanggualangannya, kita bisa semprotkan 5 hari sekali untuk benar-benar memastikan bahwa hama dan penyakit tidak sampai pada tumbuhan ini. Selain itu, ternyata nangkadak menghasilkan daging bauh yang sedikit di karenakan faktor penyerbukan bunga jantan dan bunga betina yang kurang sempurna. Itu sebabnya, agar penyerbukan tumbuh sempurna, bisa dilakukan dengan metode atau cara lain yang bisa di lakukan dengan baik. Caranya adalah dengan penyerbukan buatan. Ini bisa di lakukan dengan mengawinkan betina nangkadak dengan pejantan nangkadak

Perlu di pastikan juga untuk mengatur waktu yang tepat dalam hal pengawinan, kita harus benar-benar memastikan bahwa betina memang benar-benar bisa siap kawin. Cirinya:

  1. Bunga di selimuti bulu-bulu lembut dengan warna hijau cerah
  2. Sudah kering dan mengeras
  3. Bunga jantan nangkadak mirip pejantan nangka
  4. Bunga betina nangkadak gemuk

Baca Juga : Cara Menanam Durian Musang King Agar Berbuah Lebat

Yang paling penting adalah serbuk bunga jantan menempel di bunga betina. Jika sudah seperti itu, pasti tanaman nangkadak ini bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan banyak buah yang berkualitas. Pohon nangkadak bisa memproduksi buah antara 50-75 buah setiap tahun ketika tanaman baru mencapai usia sampai 2-3tahun.

Dan itu akan terus meningkat seiring bertambahnya usia pohon. Penanaman nangkadak memang tidak mudah, namun jika kita mengetahui dengan baik tentang penanaman buah ini, pasti hasilnya bagus.

Manfaat Nangkadak:

  • Membantu menjaga kesehatan kelenjar tiroid
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Membantu sirkulasi darah
  • Mengurangi resiko Jantung Koroner
  • Akarnya mampu mengatasi penyakit asma
  • Pohon ini bisa juga sebagai tanaman perindang di halaman rumah

Agar hasil panen maksimal, gunakan Paket Pupuk Organik :

  • Supernasa 250 gr = Pupuk penyubur tanah,
  • POC Nasa 500 cc = Pupuk daun / nutrisi organic.
  • Hormon Organik (Hormonik) 100 cc = Zat perangsang tumbuh
  • Natural Glio 100 gr = Pemberantas penyakit.
  • Pestona 500 cc = Pengendali hayati.
  • Natural BVR 100 gr = Pestisida biologi pengendali hama.
  • Power Nutrition 250 gr = Pupuk perangsang buah.

Anda butuh solusi? Kami memberi yang terbaik.

Konsultasi/Pemesanan/Daftar Agen silahkan hubungi kami WA: 085330253354

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *