Pernahkah anda saat berkendara tiba-tiba mesin mobil terasa tersendat-sendat? Itulah yang dinamakan “Brebet”. Kondisi tersebut adalah saat mesin mengalami campuran bahan bakar miskin, sehingga proses pembakaran terganggu. Bisa juga disebabkan oleh kelistrikan pengapian yang terganggu, intinya terjadi permasalahan pada sistem pembakaran mobil. Yuk langsung pada poin inti pembahasan berikut:

Penyebab Mesin Mobil Brebet:

  1. Gangguan Sistem Pengapian
    Urutan pertama yang menduduki penyebab mobil brebet adalah gangguan sistem pengapian. Jika ditelusuri mulai dari baterai, coil, distributor, sampai busi atau bahkan sistem kelistrikan pengapian maka akan ditemukan masalahnya. Terjadinya pembakaran dalam ruang bakar karena dipicu oleh api dari busi, jika busi tidak bisa memercikkan bunga api yang terjadi adalah proses pembakaran bahan bakar akan terganggu dan menyebabkan mesin brebet.
  2. Gangguan Sistem Bahan Bakar
    Sistem bahan bakar yang dimaksudkan disini adalah semua komponen dalam sistem bahan bakar terutama bagian filter bahan bakar dan injector. Kedua komponen tersebut jika bermasalah terutama disebabkan oleh kotoran akibat endapan dari bahan bakar yang kualitasnya jelek akan mengganggu proses distribusi bahan bakar ke ruang bakar. Hal ini membuat mesin mengalami campuran bahan bakar miskin akibat tersumbatnya sistem bahan bakar yang efeknya membuat mesin mobil menjadi brebet.
  3. Air Radiator Masuk Ke Dalam Ruang Bakar
    Tidak menutup kemungkinan air radiator masuk kedalam ruang bakar disebabkan packing water jacket yang bocor. Syarat terjadinya pembakaran adalah bila ada api, udara, dan bahan bakar. Jika air ikut masuk ke dalam ruang bakar akan terjadi gangguan pada proses pembakaran dalam ruang bakar. Sehingga menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan mesin mobil menjadi brebet.
  4. Pengkabutan Bahan Bakar Oleh Injektor Kurang Baik
    Sebenarnya poin 4 ini bisa dibahas pada nomor 2, namun akan lebih spesifik lagi jika dibahas dengan poin berbeda. Bahan bakar bisa terbakar dengan baik atau sering disebut pembakaran sempurna adalah bahan bakar yang berbentuk kabut. Jika proses pengkabutan kurang baik, maka bahan bakar tidak akan mudah terbakar bahkan mengendap dalam ruang bakar sehingga menyebabkan mesin brebet.
  5. Kompresi Mesin Bocor
    Loss compression bisa membuat mesin brebet dikarenakan kadang kala mesin bisa nyala dan kadang mati. Proses pembakaran bahan bakar bisa terjadi dengan syarat adanya kompresi sehingga bahan bakar bisa terbakar dengan baik dan sempurna. Kebocoran kompresi bisa disebabkan karena packing bocor atau katup sudah aus, efek yang ditimbulkan adalah mesin mobil menjadi brebet.

Baca Juga : 5 Penyebab dan Solusi Mobil Tidak Bertenaga di Jalanan Tanjakan

Cara Mengatasi Mobil Brebet:

  1. Lakukan pemeriksaan secara rutin pada sistem pengapian mobil mulai dari baterai, coil, distroibutor, sampai busi.
  2. Bersihkan filter bahan bakar dan injecktor secara berkala agar distribusi bahan bakar ke ruang bakar bisa berjalan dengan lancar sehingga tidak ada sumbatan kotoran sama sekali.
  3. Gantilah packing water jacket secara berkala sesuai dengan buku manual kendaraan agar tidak sampai terjadi kebocoran akibat tidak kuat menahan panas yang terus menerus akibat pembakaran dalam mesin.
  4. Bersihkan injector secara berkala agar didapat hasil pengkabutan yang optimal, selain itu sering-sering check pompa injeksi agar tekanan bahan bakar tetap bisa maksimal.
  5. Gantilah packing silinder head dan katup bahan bakar jika sudah mengalami aus untuk menghindari kebocoran kompresi mobil.

Cara test balance mesin untuk mengetahui gangguan pada ruang bakar mesin yang menyebabkan mesin brebet:

  1. Cara mengetahui pada silinder berapa terjadi gangguan adalah dengan cara melepas satu persatu soket injektor saat mesin hidup. Perhatikan getaran mesin saat soket injektor dilepas, misal saat soket injektor nomer satu dilepas jika getaran mesin tidak berubah maka gangguan ada pada silinder satu tersebut.
  2. Menggunakan scan tool, pilih menu aktuator test untuk memutus satu persatu aliran bahan bakar pada injektor. Pada injektor yang diputus aliran listriknya tersebut jika tidak terjadi perubahan pada getaran mesin, maka pada silinder tersebut yang terdapat masalah.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa menelesaikan masalah dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *