Dunia industri terus menerus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Kebutuhan tenaga kerja di berbagai sektor industri otomatis terus meningkat, salah satu industri yang tidak ketinggalan adalah industri otomotif. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja tersebut, maka dunia pendidikan adalah ujung tombaknya.

Pendidikan yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja pada sektor otomotif adalah jurusan otomotif yang meliputi teknik sepeda motor dan teknik kendaraan ringan otomotif.

Tujuan Pembelajaran Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

1. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas di bidang otomotif dan memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan atas kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

2. Memperkokoh “Link and Match” pendidikan kejuruan dan dunia kerja.

3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja berkualitas.

4. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pelatihan kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

5. Menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan dalam bidang pekerjaan yang bersifat rutin maupun tidak rutin.

Dari tujuan pembelajaran yang diberikan aja sudah terlihat kan prospek kerja lulusan jurusan otomotif? Adapun langkah selanjutnya sesuai pengalaman kami, disarankan untuk bekerja pada perusahaan otomotif sebagai batu loncatan untuk mengumpulkan modal dan merintis usaha sendiri di bidang otomotif.

Jumlah kendaraan di Indonesia sudah mencapai angka 111.571.239 unit pada tahun 2018, berarti tahun 2019 jumlahnya pasti bertambah. Maka dari itu jika lulusan teknik kendaraan ringan otomotif mau berwirausaha bergerak dibidang tune up, servis berkala, bahkan pada bidang pengecatan bodi kendaraan tentunya akan menciptakan lapangan kerja baru. Terus teknik otomotif itu sendiri apa sih? Sudah kami tulis pada artikel sebelumnya, silahkan baca Apa Sih Teknik Otomotif Itu?

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit berbagi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *