7 Penyebab dan Akibat HP Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya

7 Penyebab dan Akibat HP Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya

Akhir-akhir ini HP android saya sering banget panas dan baterainya cepat habis, kemudian saya otak atik sendiri sembari bertanya pada temen-temen pakar HP. Alhasil, sekarang sudah normal seperti biasanya lagi. Dalam tulisan kali ini kami akan berbagi tentang penyebab dan akibat serta cara mengatasi HP cepat panas. Dari banyaknya faktor yang menjadi penyebab HP cepat panas, akan kami ambil benang merahnya menjadi tujuh saja ya. Berikut pembahasannya:

Penyebab HP Cepat Panas

  1. Beban Processor Berlebih
    Processor pada HP merupakan sebuah piranti yang memiliki peranan sangat vital. Ibarat manusia, processor ini yang menjadi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika processor bekerja ektra akibat beban berlebih, maka akan menyerap daya baterai secara besar-besaran yang ujung-ujungnya membuat baterai HP cepat panas.
  2. HP Digunakan saat Dicharger
    Kebiasaan mencharger HP saat masih digunakanlah bukanlah solusi terbaik. Hal ini bukan menambah daya baterai, melainkan akan membuat pengisian tidak normal bahkan dapat merusak HP. Ibarat manusia ya, kalian makan sambil lari-lari. Pertanyaannya apakah nasi yang kalian makan bisa jadi energi? Jawabnya tentulah tidak, justru kalian akan berkeringat lebih. Ketika HP dicharger dan dioperasikan, maka itu termasuk salah satu penyebab baterai HP cepat panas.
  3. Membuka Aplikasi Berlebih
    Jangan mentang-mentang RAM HP milik kalian besar, kemudian membuka beberapa aplikasi yang berat-berat pada HP secara bersamaan. Memang sih jika RAM besar mampu melakukan hal sedemikian rupa, namun yang jadi korban pasti baterainya akan cepat panas karena daya serapnya yang terlalu besar.
  4. Download Berlebih dengan Paket Data
    Saya rasa untuk penyebab yang satu ini sudah sangat wajar bahkan semua pernah mengalami. Berbeda dengan menggunakan WiFi, jika download dengan skala besar tetap aman-aman saja. Adapun jika mendownload menggunakan paket data tentunya akan menyerap daya baterai secara berlebih karena dayanya juga terserap untuk mencari signal yang kuat guna melakukan proses download.
  5. HP Berdebu
    HP bisa beroperasi dengan normal dikarenakan pada sistem HP sudah dilengkapi dengan sistem pendingin. Kalo kalian kurang percaya, lihat aja Liquid Damage Indicatornya. Sedangkan jika HP berdebu, maka akan menghambat proses sirkulasi pendinginan processor yang kemudian membuat baterai HP cepat panas.
  6. Ada Virus di HP
    Jangan ditanya kalau masalah virus, tentunya ketika HP terinfeksi virus atau malware akibat kalian mendownload sesuatu yang kurang wajar akan mengakibatkan daya baterai terserap ke virus tersebut. Seharusnya baterai hanya digunakan untuk aplikasi yang kita butuhkan saja, tapi ini justru terserap ke virus yang ada di HP. Itulah yang menyebabkan baterai HP cepat panas.
  7. Tanda Baterai akan Rusak
    Salah satu tanda baterai habis masa pakainya yaitu baterai HP cepat panas. Hal ini disebabkan proses pengisian yang sudah tidak normal, ditambah lagi kinerjanya yang melambat sehingga membuat processor bekerja ekstra dan membuat baterai HP cepat panas.

Akibat HP Cepat Panas

  1. HP akan Cepat Rusak
    Sebuah perangkat elektronik jika dibiarkan terus menerus keadaan overheat tentunya tidak baik untuk komponen lainnya. Ketika satu komponen rusak, sesegera mungkin harus diatasi atau diganti untuk melokalisir kerusakan yang terjadi guna mencegah HP cepat rusak.
  2. HP jadi Lemot Karena Sistem Bekerja Sangat Ekstra
    Pernah nggak tiba-tiba saja HP nge-blank disaat kondisi baterai panas berlebih? itu merupakan salah satu efek yang ditimbulkan bilamana HP panas. Solusinya silahkan diamkan sejenak beberapa menit, kemudian operasikan lagi.
  3. Kehilangan Daya Harena HP Terinfeksi Virus atau Malware yang Sangat Berbahaya
    Sudah kami ulas pada pembahasan diatas, bahwa daya baterai HP seharusnya hanya diperuntukkan aplikasi dan sistem penunjang lainnya. Namanya virus juga butuh asupan listrik, maka akan menyerap daya baterai juga sehingga baterai cepat panas dan cepat habis.
  4. Layar Monitor Tidak Berfungsi
    Kalau kondisi HP sudah melampaui overheat, maka kabel fleksibel pada layar monitor akan terpengaruh sehingga menyebabkan layar monitor tidak bisa digeser. Artinya layar LCD HP butuh didiamkan sejenak agar sensor touchscreen bisa tersalurkan melalui kabel fleksibel dengan normal lagi.
  5. Chip Power Tidak Berfungsi
    Overheat yang ditimbulkan oleh HP akan mempengaruhi kinerja chip power. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka efeknya akan kembali pada nomor 1 yaitu HP akan cepat rusak.
  6. Baterai Mengembung
    Asupan daya yang tidak normal, baik saat pengisian maupun saat penggunaan yang ekstra selain membuat baterai HP cepat panas juga akan mengakibatkan baterai cepat mengembung.
  7. HP Meledak
    Ini sih jarang terjadi, namun demikian kami masukkan disini buat antisipasi aja. Jika HP sudah overheat, jangan terus digunakan. Tapi segera dinginkan guna menghindari terjadinya HP meledak.

Baca Juga : 3 Cara Ampuh Charger Baterai Android Agar Cepat Penuh

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

  1. Gunakan Aplikasi yang Up to Date
    Semakin up to date aplikasi yang kalian gunakan, maka akan semakin optimal juga kinerja HP kalian. Terkadang banyak orang enggan meng-update aplikasinya, padahal hal ini akan memperingan kinerja HP sekaligus menghindari HP cepat panas.
  2. Optimalisasi Semua Komponen HP seperti Baterai, Penyimpanan, Memori, dan Keamanan Perangkat
    Kalau di HP samsung biasanya sudah ada menu optimalisasi dari bawaanya, sehingga sangat mudah untuk melakukan optimalisasi jika penggunaan daya baterai berlebih. Sedangkan di HP lain saya rasa tidak beda jauh dengan yang saya gunakan.

Demikian dulu sedikit informasi yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Terima kasih telah berkunjung, salam sejahtera untuk kita semua.

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *