8 Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bermasalah dari Radiator Rusak

8 Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bermasalah dari Radiator Rusak

Pengalaman selama menjajaki jalanan dengan roda empat sangatlah mengasyikkan. Kadang kala perjalanan mulus tanpa hambatan, terkadang juga mengalami hal-hal yang sangat merisaukan. Hal sangat merisaukan itu ketika mobil tiba-tiba overheat hingga keluar asap dari kap mobil. Kalau kejadiannya udah begitu, tinggal banyak do’a aja mesin mobil masih aman atau harus turun mesin.

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Banyak faktor yang mempengaruhi mesin mobil panas hingga mencapi kategori overheat. Overheat adalah suatu kondisi mesin mencapai panas sangat tinggi melebihi batas kerja mesin yang mengakibatkan mesin mobil mati dengan tiba-tiba bahkan sampai mengeluarkan asap. Adapun penyebab overheat adalah:

  1. Radiator Rusak
  2. Radiator Kotor atau Tersumbat
  3. Sistem Pelumasan Tidak Berfungsi
  4. Pompa Oli Bermasalah
  5. Kipas Radiator Mati

Masing-masing dari 5 poin diatas merupakan sumber permasalahan terjadinya overheat. Ketika terjadi gesekan antar logam dalam engine akibat pembakaran dalam, kemudian sistem pelumasan dan sistem pendinginnya bermasalah tentunya akan mengakibatkan mesin overheat.

Mulai dari tersumbatnya radiator karena kotoran hingga menjadikan radiator rusak otomatis sirkulasi air pendingin mesin akan terganggu. Ditambah lagi kipas radiator yang harusnya mampu membuang panas justru rusak. Semua itu akan memperparah kondisi mesin dan memicu terjadinya overheat.

Saat sistem pendingin tidak berfungsi, kinerja sistem pelumasan juga akan terganggu yang efek akhirnya adalah tidak berfungsinya sistem pelumasan dalam engine. Wah, kalau udah begini siap-siap aja mesin akan ngebul asap.

Baca Juga : 3 Tips Yang Harus Dilakukan Saat Mesin Mobil Overheat

Mengecek Mesin Mobil Bermasalah Dari Kinerja Radiator

Biasanya kalo mesin mobil mobil overheat hingga mengeluarkan asap itu air radiatornya berkurang drastis. Bisa jadi memang menguap atau bahkan radiatornya bocor. Adapun langkah mengecek kondisi mesin bermasalah atau tidak, kalau istilah jawanya “mesin molet” atau tidak silahkan lakukan hal dibawah ini:

  1. Pastikan radiator berfungsi dengan normal kembali.
  2. Isi air radiator hingga penuh.
  3. Pastikan kipas radiator terpasang dengan rapi dan berfungsi dengan baik.
  4. Jangan pasang terlebih dahulu tutup radiatornya.
  5. Nyalakan mesin dengan memutar kunci kontak pada posisi ST.
  6. Amati sirkulasi air dari tutup radiator.
    Poin inilah yang menjadi kunci “mesin molet” atau masih normal. Jika air radiator langsung bersirkulasi dengan normal dalam sistem pendingin, artinya tidak terjadi masalah pada mesin mobil. Sebaliknya jika pada waktu mobil distarter tiba-tiba air radiator “muncrat” keluar dari tutup radiator, bisa dipastikan “mesin molet” dan wajib turun mesin.
  7. Jika mesin normal, pasang kembali tutup radiator dan lanjutkan perjalanan.
  8. Apabila “mesin molet” silahkan melakukan overhoul engine mobil anda.

Nah, itulah tips melakukan pengecekan kondisi mesin dari fungsi radiator. Mudah banget bukan? Ilmu ini kami dapatkan dari ahli radiator diwilayah probolinggo. Nama orangnya lupa nggak tanya. Hehe. Mungkin itu dulu yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini, semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!