3 Penyebab Mobil Sering Mogok Mendadak Ditengah Jalan

3 Penyebab Mobil Sering Mogok Mendadak Ditengah Jalan

Tinggal menunggu 1 minggu lagi menuju lebaran idul fitri. Adat orang Indonesia itu kalo lebaran gini biasanya pada mudik ke kampung halamannya masing-masing untuk silaturahim ke orang tua dan saudara. Dari sekian banyaknya penduduk Indonesia, hampir 50% mudik menggunakan mobil pribadi.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, alangkah lebih baiknya jikalau melakukan servis terlebih dahulu pada kendaraan kesayangan anda. Dari pengalaman yang pernah kami alami, tiba-tiba saja mobil mogok ditengah jalan pada dini hari jam 01.20 WIB. Kalau ditengah malam jam segitu pasti tidak ada bengkel yang buka. Terus gimana dong? Ya berhubung saya sedikit tau tentang otomotif, makanya bisa mengatasi mobil mogok sementara dan melanjutkan perjalanan hingga pagi hari.

Penyebab Mobil Sering Mogok

Berawal dari pengalaman tersebut, bisa kami tuliskan bahwa penyebab mobil mogok secara mendadak di tengah jalan adalah sebagai berikut :

1. Arus Listrik Coil Melemah

Coil adalah suatu alat dalam kendaraan baik mobil atau motor yang memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan sebesar 12 V menjadi 25 kV dengan memanfaatkan kumparan primer dan kumparan sekunder sehingga menghasilkan induksi magnet guna mempertinggi tegangan output coil yang selanjutnya disalurkan ke busi (spark plug) untuk memercikkan bunga api.

Percikan bunga api dimaksudkan untuk memicu proses pembakaran pada ruang bakar sehingga mampu menggerakkan piston naik turun dan memutar flywheel yang endingnya mampu membuat roda kendaraan berputar. Masing-masing tipe mobil itu menggunakan busi yang berbeda, jadi jangan sampai anda salah membeli busi untuk mobil anda karena ada kode businya yang bisa dipelajari.

Baca Juga : Cara Membaca Arti Kode Busi

Ketika arus listrik coil melemah, maka induksi magnet yang dihasilkan juga kecil. Akibatnya busi tidak mampu memercikkan bunga api dengan sempurna. Busi yang tidak bisa memercikkan bunga api inilah menjadi penyebab tidak terjadinya pembakaran dalam ruang bakar, sehingga mobil mendadak mati ditengah jalan.

2. Mesin Overheat

Overheat adalah kondisi mesin mengalami panas tingkat tinggi melebihi ambang batas kemampuan pendingin mesin untuk mengatasinya sehingga menyebabkan asap keluar dari kap mesin mobil. Apabila mesin mobil anda mengalami kejadian seperti ini tidak pelu panik, segeralah keluar dari mobil dan tepikan mobil anda. Selanjutnya buka kap mesin untuk mendinginkannya. Biasanya yang menjadi pemicu utama terjadinya mesin overheat adalah kerusakan radiator.

Radiator mobil berfungsi sebagai pendingin mesin ketika engine telah mencapai suhu kerjanya. Disaat radiator tidak berfungsi atau rusak, maka proses pendinginan mesin akan terganggu yang endingnya membuat mesin overheat dan tiba-tiba mogok dengan sendirinya. Akibat mesin overheat sangatlah fatal, bisa jadi anda harus turun mesin. Silahkan cek kondisi mesin anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalan.

Baca Juga : 8 Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bermasalah dari Radiator Rusak

3. Oli Mesin Habis

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas semua komponen engine yang ada dalam bak mesin, terutama pelumas antara piston dan blok silinder. Tujuan dari pelumasan ini adalah untuk mengurangi panas akibat gesekan antar logam tersebut. Untuk mengetahui kondisi oli mesin habis atau tidak, dilampu indikator dasboard jika ada tanda “oli merah” maka menandakan waktunya penambahan atau penggantian oli.

Bayangkan saja ketika pelumas habis, maka tidak ada penyerap panas dari gesekan piston yang berputar 1200 kali dalam 1 menit saat idle / langsam. Ujung-ujungnya jika sampai kehabisan oli, maka mesin akan overheat dan selanjutnya akan terjadi kerak dalam engine yang mengharuskan turun mesin. Jadi, pastikan anda melakukan servis berkala setiap menempuh perjalan 30 Km sekali.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jika anda merasakan artikel ini bermanfaat, luangkan sedikit waktu anda untuk menekan tombol share agar banyak teman anda yang bisa merasakan manfaatnya juga. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!