5 Penyebab Klakson Mobil Mati Lengkap Cara Mengatasinya

5 Penyebab Klakson Mobil Mati Lengkap Cara Mengatasinya

Hari gini kok klakson mobil mati, berarti anda sudah ketinggal zaman guys. Haha. Cukup ketahui akar permasalahannya, lalu perbaiki sendiri dirumah. Lumayan bisa menghemat pengeluaran loh.

Cara mengetahui penyebab klakson mati gimana? Yah tinggal mengechek satu persatu komponen kelistrikannya saja to. Nih kami kasih tau apa aja yang bisa menyebabkan klakson mobil mati.

1. Kabel Klakson Putus

Paling sepele adalah kabel. Kami sering mengalami permasalahan kelistrikan kendaraan yang ujung-ujungnya hanya kabelnya putus. Putusnya kabel kelistrikan biasanya dimakan tikus, umur kabel sudah tua, bahkan terdapat kerak pada terminal klakson hingga menumpuk yang menyebabkan mengganggu arus listrik masuk dalam sistem horn.

Cara mengetes kabel putus atau tidak, tidak perlu mencari jalurnya dalam kelistrikan mobil. Terlalu ribet kalau begitu. Gunakan aja alat yang simpel semisal test lamp. Tekniknya, hubungkan test lamp pada bodi / massa mobil. Selanjutnya tinggal pencet saklar klakson. Jika tidak bunyi, tandanya ada kabel yang putus.

Baca Juga : Cara Membuat Test Lamp / Tespen AC dan DC

2. Sekring / Fuse Putus

Fungsinya sekring adalah untuk menjaga komponen klakson bilamana terjadi arus pendek. Sehingga yang rusak tidak langsung klaksonnya, melainkan adalah sekringnya yang putus.

Penyebab putusnya sekring bisa jadi dikarenakan adanya arus terlalu besar atau terjadi korsleting. Mengeceknya juga menggunakan test lamp loh. Cara memperbaikinya cukup mengganti sekring dengan yang baru.

3. Klakson Mati

Kalau kedua komponen diatas sudah di cek, bisa jadi klaksonnya yang mati karena mengalami kerusakan. Atau bisa jadi setelannya yang tidak pas sehingga nggak bunyi.

Langkah pengecekannya silahkan langsung salurkan terminal-terminal kabel klakson ke aki sesuai kodenya. Kabel positif dengan terminal positif dan kabel negatif dengab terminal negatif. Lalu setel baut kecil yang ada di klakson ke kanan atau ke kiri hingga menghasilkan bunyi yang optimal.

4. Relay Rusak

Mobil saat ini sih kebanyakan udah menggunakan relay pada kelistrikan horn. Untuk rangkaian klakson mobil yang menggunakan relay biasa juga terjadi kerusakan pada relaynya. Relay akan rusak jika terlalu lama terkena kotoran dan air. Adapun cara memperbaiki cukup mengganti relay baru sesuai dengan jenis relay yang digunakan.

5. Saklar Klason Kotor

Klakson mobil mati bisa juga disebabkan karena saklarnya yang kotor. Kalau dikatakan rusak sih jarang banget. Hal ini dipicu karena lempengan tembaga yang kotor karena kerak atau kotoran yang lainnya sehingga menyebabkan korosi yang dapat menghambat arus listrik.

Cara memperbaikinya cukup bongkar tutup saklar klakson, selanjutnya periksa kelistrikannya apakah mengalami kerusakan atau tidak. Apabila ada kabel yang putus cukup sambung ulang atau di solder. Adapun jika kotor kerak atau lainnya cukup dibersihkan saja.

Mudah banget kan cara memperbaiki klakson mobil yang mati? Pokoknya periksa saja satu per satu sesuai urutan diatas. Trouble yang paling sering adalah nomor 1. Lainnya jarang sekali terjadi kok.

Mungkin itu dulu yang bisa kami bagikan. Semoga artikel yang kami tulis bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!